oleh

Kemensos RI Akan Santuni Korban Meninggal Gempa Sumbawa

-Berita-36 views
Kabarsumbawa.com – Pemerintah akan menyalurkan dana santunan  bagi 4 orang korban meninggal dunia akibat gempa bumi Minggu malam (19/8/18). Dana santunan tersebut akan diberikan langsung oleh Dirjen Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada keluarga korban masing-masing.
“Santuan untuk korban  meninggal dunia, Besok pak Dirjen datang menyerahkan itu. Berdasarkan data itu  dua korban meninggal dunia di Alas Barat, satu korban  di Alas dan satu korban di Lopok.   Sekaligus ada pencarian PKH,” demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa Try Karyati, di ruang kerjanya, Jumat (24/8/18).
Menurutnya, selain menyalurkan dana santunan terhadap korban meninggal dunia, pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa telah berupaya memenuhi kebutuhan dasar korban terdampak bencana gempa, dan kebakaran pulau Bungin. Untuk korban terdampak gempa, selain mendistribusikan logistik, Disos juga telah mengirim 10 orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu korban di bagian Barat. Sedangkan 10 anggota lainnya disiapkan untuk membantu di Posko Sumbawa.
“Saya bagi dua, 10 orang membantu evakuasi di Alas dan 10 lagi membantu di Sumbawa. Kemudian kita membuka posko lagi di wilayah barat untuk mendekatkan penyaluran  atau distribusi ke posko induk Kecamatan,” urai Karyati.
Sedangkan untuk korban bencana kebakaran di Pulau Bungin, sesaat setelah kejadian, Disos bergerak cepat menyalurkan sejumlah kebutuhan bagi 24 KK terdampak. “Bantuan yang sudah disampaikan terutama untuk bencana sosial di Pulau Bungin,  sekitar 24 KK sudah kami drop sejumlah kebutuhan seperti Family Kids, tenda gulung, selimut, peralatan makan dan matras. Mereka habis dan memang tidak punya tempat. Jadi kita kita fokus ke Barat karena memang korban terdampak lebih besar di sana,” pungkasnya. (ks/adm)
iklan debat
Baca juga:  Gempa 7,0 SR Kembali Guncang Lombok, Terasa Hingga Sumbawa