oleh

Layanan Kesehatan Terdampak Gempa Difokuskan di Puskesmas

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pelayanan kesehatan bagi korban gempa di kecamatan terparah yanki Kecamatan Alas Barat, Alas, dan Buer, difokuskun di puskesmas kecamatan masing-masing, serta di backup dengan tenga medis tambahan.

Kepala Dikes Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan (P3PL), Agung Riyadi, Selasa (21/8/2108) menyampaikan berdasarkan data yang berhasil dihimpun gempa mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, 327 luka ringan dan 41 luka berat. Dimana korban terbanyak berada di tiga Kecamatan yaitu kecamatan Buer, Alas dan Alas Barat.

Dikatakannya, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban di tiga kecamatan terparah tersebut difokuskan di puskesmas masing-masing.

Baca juga:  Proses Tender, Puskesmas Buer dan Moyo Hilir Dibangun Tahun Ini

“Yang jelas untuk dua hari ini kita fokuskan di puskesmas. Kita arahkan ke sana, jika ada laporan kita akan jemput,” ujarnya seraya menambahkan pihaknya akan mengadakan rapat. Jika nantinya dalam rapat tersebut diminta untuk membuat pos-pos kesahtan maka akan didiskusikan lebih lanjut.

Selain itu, lanjut Agung, pihaknya juga mengerahkan sejumlah tenaga medis dari puskesmas yang tidak terlalu terdampak gempa untuk membantu para korban di tiga kecamatan tersebut.

“Kemarin petugas dari Puskesmas Moyo Hulu, Unit II dan Unter Iwes sudah berangkat. Mereka tidak terlalu terdampak sehingga diminta untuk memback up puskesmas yang terdampak sudah kita lakukan,” pungkasnya. (KS/aly)

Baca juga:  Gugus Tugas Lakukan Swab Massal di Pasar Plampang