oleh

Data Sementara: 7523 Rumah di Sumbawa, Rusak Akibat Gempa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa, sebanyak 15 kecamatan yang terkena dampak bencana alam gempa bumi berkekuatan 7 SR, yang terjadi pada minggu 19 Agustus lalu.

Dari 15 kecamatan yang terdamapak, berdasarkan data yang paparkan oleh Bupati Sumbawa, H M Husni Djibril, B.Sc., kepada awak media setelah lapat kordinasi bersama dengan tim tanggap bencana Kabupaten Sumbawa, Selasa (21/08/2018) di halaman kantor bupati. Tercatan sebanyak 7523 unit rumah rusak, dengan rincian rusak berat 4932, rusak sedang 1395, rusak ringan 1205, kemudian 38 orang cidera, dan 4 orang meninggal.

“Berdasarkan data itu ada 15 kecamatan dari 24 kecamatan di Sumbawa yang terkena dampaknya, yang terparah di tiga kecamayan akibatnya sampai ribuan rumah yang rusak. Ini data sementara, bisa jadi ada rumah yang belum terdata,” kata bupati.
Untuk itu, ia memerintahkan kepada tim tanggap bencana Kabupaten yang terdiri dari semua OPD lingkup Pemda Sumbawa, untuk mengecek kembali data tersebut untuk memastikan apakan semua korban telah terdata, guna penangan selanjutnya.

Baca juga:  Jaga Kedaulatan Energi, DPR Dorong Pertamina Kembangkan Cadangan Migas di Natuna

“Rumah yang rusak data yang kita terimah tadi pagi, mungkin ada rumah-rumah yang belum sempat terdata, saya meminta kepda tim tanggap bencana agar mengecek kembali data-data yang kita terima, karena ada kaitan dengan upaya pemerintah untuk memberikan bantuan untuk mereka,” ujarnya.

Untuk jumlah pengungsi yang saat ini berad di tenda pengungsian, bupati megaku belum memiliki data, tapi ia telah memerintahkan tim tangap bencana untuk segera mengumpulkan datanya.

Kemudian untuk bantuan lanjut bupati, pasca terjadinya gempa pada malam harinya, kemudian pada pagi harinya, bantuan tersebut langsung di drop ke kecamatan yang tedampak. Bahkan kata bupati, sudah ada 2 dapur umum yang didirikan. Namun ada juga masyarakat yang membuat dapur mandiri, sehingga pemerintah tinggal memberikan bahan makanannnya seperti beras, dan bahan makanan lainnya.

Baca juga:  Musim Penghujan, Harga Beberapa Komoditi Strategis Mulai Naik

“Untuk bantuannya akan kami salurkan melalui posko yang kami bentuk di kantor camat, nanati dari situlah akan dilakukan pendistribusikan ke desa-desa,” jelasnya.

Atas terjadinya benaca gempa bumi ini, bupati menghimbau kepada masyarakat yang terkena dampak bencana, untuk banyak berdoa dan beristigfar agar terhidar dari bencana. Kemudian ia juga berharapkan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati serta waspada menyikapi bencana. “ kita harus menyambut dengan tenang,” tutupnya. (KS/aly).

ksbksb ksbksb