oleh

Malam Resepsi HUT RI Ke-73 Berlangsung Meriah

Kabarsumbawa.com – Malam Resepsi Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 berlangsung meriah. Acara yang digelar pada pada Jum’at malam (17/8) di Lapangan Pahlawan Sumbawa tersebut dihadiri Bupati Sumbawa beserta Ketua TP PKK Kab. Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa beserta Ketua GOW Kab. Sumbawa, Pimpinan DPRD Kabupaten, Anggota DPRD Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD.

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyatakan bahwa kemerdekaan adalah berkat rahmat Allah melalui perjuangan berat para pahlawan, dan salah satu ciri bangsa yang pandai bersyukur adalah bangsa yang pandai menghargai jasa para pahlawannya. Sebagai generasi penerus, diwajibkan untuk melanjutkan cita-cita luhur para pahlawan kemerdekaan dan pendiri bangsa, dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dan berikhtiar maksimal mewujudkan tujuan bangsa. HUT kemerdekaan RI ke-73, yang bertepatan dengan usia dua setengah tahun pemerintahan Husni-Mo tersebut, patut disyukuri karena telah cukup banyak  prestasi yang telah diraih, banyak program yang progressnya melampaui kinerja yang ditetapkan, dan respon masyarakat sangat baik bahkan merasa antusias karena dapat merasakan manfaat yang begitu besar dari berbagai program yang telah kita laksanakan. Bupati menegaskan bahwa berbagai keberhasilan yang telah di capai tersebut, adalah buah dari ikhtiar bersama, hasil kerja bersama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, dan semata-mata merupakan ridha dari Allah SWT.

Pada kesempatan itu, Bupati juga merasa bersyukur dan bangga atas perhatian, kepedulian dan  kekompakan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sumbawa, yang telah bahu-membahu, tulus dan ikhlas menyumbangkan segala bentuk bantuan untuk meringankan beban masyarakat terdampak musibah gempa bumi berkekuatan 6-7 skala richter, di beberapa daerah di Pulau Lombok. Bupati menyebutkan bahwa bantuan yang telah dihimpun oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa telah diserahkan secara langsung dalam 5 tahap pengiriman, dan diarahkan ke Kabupaten Lombok Utara dan juga Kota Mataram.

Baca juga:  Penerapan Kartu Tani di Sumbawa Masih Dilema

Disampaikan pula bahwa tahun ini merupakan tahun politik, yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada Gubernur beberapa bulan yang lalu, kemudian pencalonan anggota Legislatif serta pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, tentunya mengakibatkan situasi sosial politik terasa agak panas akhir-akhir ini. Gejala polarisasi antara dua kubu yang berbeda pilihan politik di pemilu 2019 pun mulai terasa. Terkait hal tersebut Bupati menghimbau  kepada seluruh elemen masyarakat agar mendudukkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas segalanya, dengan memahami bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang lumrah dalam negara demokratis, karena hal tersebut merupakan hak konstitusional setiap warga negara. “Jangan mudah  terprovokasi, menghujat secara membabi buta tanpa didasari data dan fakta yang benar, sehingga terjebak ke dalam ketidaknyamanan komunikasi serta mencederai keakraban persahabatan” himbau Bupati. Terkait hal tersebut, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh ASN di Kabupaten Sumbawa untuk senantiasa menjaga netralitas serta tidak ikut terbawa arus politik dalam Pilpres 2019.

Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar bersama-sama menyukseskan event Sail Indonesia Moyo Tambora 2018, sebagai ikhtiar bersama dalam rangka mengembangkan potensi wisata bahari sekaligus sektor kelautan dan perikanan, dan mengajak untuk menggalakkan kembali kegiatan jum’at bersih di lingkungan masing-masing, tidak membuang sampah di sembarang tempat, termasuk di sungai dan pantai agar Kabupaten Sumbawa tetap bersih dan nyaman jelang pelaksanaan kegiatan tersebut, karena peran serta seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung pemerintah daerah dalam menyukseskan event besar tersebut.

Pada akhir sambutannya, Bupati menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh aparat TNI, Polri, ASN, serta seluruh elemen masyarakat Sumbawa yang telah berpartisipasi mendukung pemerintahan dan pembangunan daerah, sekaligus kebersamaan dalam menjaga Kabupaten Sumbawa agar selalu kondusif. Kondusif bagi pengembangan investasi, kondusif bagi pembangunan di segala bidang, serta kondusif bagi kehidupan seluruh masyarakat Sumbawa.

Baca juga:  Jarot-Mokhlis Bertekad Jadikan Lunyuk Sentra Ekonomi Baru Sumbawa

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi selaku ketua panitia melaporkan bahwa maksud peringatan HUT RI ke-73 Tahun 2018 untuk memupuk semangat nasionalisme masyarakat Sumbawa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI, yang bertujuan agar seluruh Warga Negara Indonesia terutama generasi muda senantiasa mengenang dan menyegarkan kembali ingatannya akan perjuangan para pahlawannya dan pendiri bangsa, sebagai wujud syukur atas anugrah kemerdekaan yang diberikan pada bangsa Indonesia.  Tema HUT RI ke-73 yaitu “kerja kita, prestasi bangsa”, diangkat untuk membangun semangat seluruh elemen bangsa bahwa segala sesuatu yang dilakukan dalam mengisi kemerdekaan akan memberikan kontribusi terhadap prestasi bangsa. Semangat masyarakat Sumbawa dalam memeriahkan HUT RI yang begitu besar tercermin dengan banyaknya kegiatan dan lomba yang diselenggarakan secara mandiri oleh masyarakat yang ada di seluruh wilayah termasuk juga di sekolah-sekolah.

Dalam acara yang menampilkan beberapa kesenian daerah yaitu penampilan Sakeco Sanggar Seni Cindai Bulaeng, Tarian Babenrang Bahoja dari Sanggar Seni Berang Bayan Kecamatan Empang, dan Tari Seru Loto dari Sanggar Seni Liser Smanda tersebut, juga diumumkan dan diserahkan hadiah secara simbolis oleh Bupati Sumbawa kepada pemenang lomba peringatan HUT RI. Adapun juara lomba Kategori Ketaatan Pelaksanaan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup berhasil diraih oleh PT. Pertamina Terminal BBM Badas. Untuk lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Sumbawa berhasil diraih oleh Desa Jotang Kecamatan Empang dengan nilai 855. Sedangkan Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA berhasil diraih SMAN 1 Alas dengan nilai 1.035. Untuk pemenang lomba  LIDDA 2018 berhasil diraih Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan dengan Inovator Jhaihan Farah Nabila, S.Psi dan Virga Utami, S.AP.  Sementara itu Kelurahan Brang Biji Sumbawa berhasil meraih juara 1 dalam lomba kebersihan Tingkat Kabupaten. (humas/kd).

ksbksb ksbksb