Wabup Kirim 454 Ekor Ternak Melalui Tol Laut Badas

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk mewujudkan Program Pemerintah Pusat untuk menunjang program ketahanan pangan, Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, melepas sebanyak 454 ekor ternak melalui Kkapal tol laut yang mulai beroprasi di Sumbawa, Kamis Siang (16/08/2018) di Pelabuhan Badas Sumbawa.

Dari jumlah tenak yang dikirm, sabanyak 303 ekor untuk Jakarta dan 101 ekor untuk membantu korban Gempa di Lombok dan 50 ekor untuk Kab. Sumbawa, dengan total keseluruhan 454 ekor.

Wakil Bupati Sumbawa mengatakan, untuk kesiapan ternak dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sudah sangat siap untuk pengiriman tersebut, diharapkan tidak hanya menjelang Idul Adha atau lebaran kurban saja, namun juga lebih sering dilakukan.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

“kita ingin pengiriman ini berlanjut, karena ternak kita siap, tinggal bagaimana ACT nya saja. Supaya harga ternak di Sumbawa tidak turun, bisa meningkat dengan adanya pasar seperti ini, karena pasarnya sudah terbuka”, ujar Wabup.

Sementara itu, Ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT), Alfian ST menjelaskan bahwa pembelian ternak dari Sumbawa untuk mengangkat ekonomi masyarakat NTB dengan meningkatkan nilai jual ternak. ACT tahun 2018 ini bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengadakan ternak yang berasal dari Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin, M.Si menjelaskan bahwa berkaitan dengan pengiriman ternak menggunakan kapal ternak tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pengangkutan ternak dari Sumbawa menuju Jakarta dan Surabaya serta untuk mendukung program ketahanan pangan khususnya di bidang swasembada protein hewani di Indonesia.

Diketahui Kapal Camara Nusantara selain untuk mengangkut tenar melalui tol laut, sekaligus menjaga kualitas daging sapi/kerbau karena kelengkapan fasilitas yang memang dibuat khusus untuk mengangkut ternak. Yang sebelumnya pengangkutan dilakukan secara tradisional yang menyebabkan ternak cendrung stress dan kurang terawat. (KS/aly).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...