oleh

Pertina Indonesia Targetkan Minimal 2 Emas di Asean Games

Kabarsumbawa.com – Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Indonesia menargetkan raih minimal 2 medali emas di Asean Games mendatang. Target tersebut lebih tinggi dari target yang ditetapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) pusat, yakni satu medali emas.

“Kami targetkan lebih dari yang ditetapkan KONI. KONI targetkan satu emas, kita lebih dari itu,” kata M.Ali Pelatih Bintang I Association International Boxing Amateur (AIBA) Nasional, di Dianas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Selasa (14/08).

Menurutnya, seleksi tingkat nasional atlet untuk Asean Games dilaksanakan di Manado sejak 7 Oktober hingga 6 Agustus lalu. Dari 20 atlet yang mengikuti seleksi, dikerucutkan menjadi 10 atlet yang akan bertarung, terdiri 7 laki-laki dan 3 perempuan. Antara lain dari Provinsi Papua satu orang, Maluku (1), Maluku Utara (1), NTT (2), DKI (1), Kalimantan Selatan (1), Sumatera Utara (1), dan NTB (1).

Baca juga:  Presiden Saksikan Eko Yuli Sabet Emas dari Cabang Angkat Besi

Ditegaskan, atlet cabang tinju Asean Games dinyatakan siap bertarung dengan atlet dari negara peserta lainnya. “Karena ini Asia, kekuatannya sama rata. Meski India, Uzbekista, orangnya besar-besar, tapi kami optimis lebih dari satu emas,” katanya.

Sebagai persiapan, sebelumnya atlet tinju Indonesia telah mengikuti pertandingan tinju amatir resmi internasional di berbagai negara. Kejuaraan di India, Indonesia mendapatkan 2 medali perak dan 1 perunggu. Di Ukraina mendapat 2 perak dan 2 perunggu. Serta Thailand mendapat 2 perak dan 1 perunggu.

Diungkapkan, dalam waktu jeda sebelum  mengikuti pertandian Asean Games, ia tengah mempersiapkan atelt sumbawa untuk mengikuti Porprov. “Sedang persiapkan petinju Sumbawa untuk Porprov. Ada  9 orang yang akan kita kirim nanti,” katanya. (ks/adm)

Baca juga:  IBA MMA Sumbawa Kirim Pelatih Ikuti Coaching Klinik