oleh

Seorang Kades Terpilih Tidak Dilantik ?

Kabarsumbawa.com –  Rabu (15/08) rencnanya akan digelar pelantikan terhadap 18 kepala desa terpilih dari proses pemilihan yang digelar beberapa waktu lalu di 14 kecamatan se-Kabupaten Sumbawa. Dari 18 orang kepala desa terpilih, terkonfirmasi satu orang tidak dilantik bersamaan.

“Pelantikannya serentak di lantai III (Kantor Bupati sumbawa, red). Dilantik langsung oleh bapak bupati. sudah siap semuanya. Berdasarkan konfirmasi kehadiran, satu orang tidak hadir,” kata M.Ikhsan Safitri, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Senin (13/08).

Diungkapkan, informasi yang diterima DPMD, Kepala Desa terpilih Pamanto berhalangan hadir, karena sedang menunaikan ibadah haji. Sehingga pelantikan terhadap yang bersangkutan akan dilakukan kemudian.

“Tidak hadir satu kepala desa. Dari Desa Pemanto. Yang bersangkutan sedang tunaikan ibadah haji. Jadi pelantikannya menyusul, mungkin nanti akan dilakukan diwilayahnya. karena pelantikan ini, bisa dilakukan oleh camat yang dilimpahkan oleh bupati,” jelasnya.

Baca juga:  Wabup Inginkan Wisata Poto Batu, Tano Dan Mantar Lebih Di Fokuskan

DItegaskan, sedangkan Kades terpilih Lantung Padesa yang sedang menghadapi proses gugatan dari calon lainnya tetap akan dilantik bersamaan. “Diantara 18 desa , satu desa ada gugatan dari salah satu calon lainnya. Sebelum berlangsung proses pemilihan juga sudah ada protes, mengajukan keberatan dari salah satu calon lainnya. bahwa, calon yang satunya diduga menggunakan ijazah yang tidak sah, atau ijazah palsu. Dalam perkembangannya, ini sedang diproses oleh pihak berwajib,” katanya.

Sebab berdasarkan ketentuan, kepala desa terpilih wajib dilantik selama belum ada keputusan hukum tetap dari pengadilan. “Kami berdasarakan aturan. Kepala desa terpilih wajib hukumnya untuk dilantik. itu bukan berarti bahwa proses hukumnya dihentikan. Proses hukum silahkan dengan jalur yang ada, sedangkan ini tetap dilantik berdsarkan aturan yang ada,” ungkapnya.

Baca juga:  Kunjungi Gudang Penyimpanan Bahan Seragam Sekolah Gratis. Bupati : "Akhir Juli atau awal Agustus, seragam gratis sudah dibagikan serentak,"

Dijelaskan, setelah mendapat keptusan hukum tetap dari pengadilan, maka DPMD akan menentukan langkah berikutnya. “Mana kala nanti sudah ada keputusan pengadilan yang mempunyai hukum tetap, maka baru ditentukan langkah berikutnya. Kalau milsanya berdasarkan keputusan pengadilan diputuskan bersalah, tentu akan diberhentikan. Itu proses normal kalau kita merujujk pada supremasi hukum,” tegasnya.

Ia berharap, semua pihak menaati proses hukum dan hukum yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan kekisruhan di masyarakat. “Kita harap semua taat hukum karena negara kita negara hukum. Ketika nanti pengadilan sudah memutuskan maka akan ada proses berikutnya. Sepanjang belum ada, belum bisa kita tetapkan seseorang bersalah,” ucapnya. (ks/adm)