oleh

Gerindra Kejar Pimpinan, PKB Bidik Fraksi

Kabarsumbawa.com – Partai Gerindra menargetkan untuk medapatkan kursi DPRD Sumbawa dengan memperoleh sedikitnya 7 kursi dalam Pileg 2019 mendatang. Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memasang target satu Fraksi DPRD Sumbawa dengan raihan 5 kursi.

“Yang jelas kita menargetkan Gerindra untuk Pileg 2019, harus rebut kursi pimpinan DPRD. itu targetnya, kita rebut kursi pimpinan,” kata H.Irwan Rahadi, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sumbawa, di kediamannya, Senin (06/08).

Menurutnya, target tersebut sangat realistis mengingat potensi yang dimiliki oleh Bacaleg Partai Gerindra, dan modal politik yang dimiliki. Baik dari raihan 5 kursi DPRD Sumbawa dari pileg sebelumnya hingga nama besar Ketua Umum, Prabowo Subianto.

“Kita sudah punya modal, bahwa di pemilu sebelumnya itu, kita masing-masing dapil kita punya satu kursi. kita sudah punya masing-masing wakil dapil. Sekarang target kita memposisikan sebagai pimpinan. Nah tentu kita harus ada tambahan target,” jelasnya.

Diungkapkan, target 7 kursi DPRD tersebut, diperoleh dari 3 dari lima dapil mendapatkan masing-masing satu kursi, dan dua dapil lainnya mendapatkan masing-masing dua kursi DPRD Sumbawa. “ini target yang sangat realistis. Dari Lima dapil, kita fokus di dua dapil yang akan mendapatkan dua kursi, dan dapil lainnya mendapatkan satu kursi, itu minimal,” tegasnya.

Baca juga:  Pergantian Direktur Perusda Masih Menunggu Pentunjuk Bupati

Modal lainnya, yakni pileg 2019 dapat dikatakan bersamaan dengan Pilpres. Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto di Sumbawa masih tinggi berdasarkan survey internal partai Gerindra maupun perkembangan di Media Sosial.

“Dan satu satunya parpol yang telah menyataka mengusung ketua umumnya sebagai calon presiden itu Gerindra. itu merupkan nilai tambah. Bahwa kader partai kita diperhitungkan untuk maju sebagai calon presiden. Nah tentu itu akan menguntungkan kita di pileg. ini akan linier. Elektabilitas Pak Prabowo akan mendongkrak caleg. Dan perolehan caleg nanti akan dongkrak elektabilitas Pak Prabowo,” jelasnya.

Ia yakin, nama-nama bacaleg yang disodorkan Partai Gerindra tidak akan mengalami perubahan hingga penetapan DCT oleh KPU. Sebab, seluruhnya telah memenuhi persyaratan berdasarkan PKPU, dan telah melalui berbagai proses seleksi internal partai Gerindra.

“Caleg Gerindra terkait dengan persyarakatn sudah PKPU sudah tidak ada masalah, sudah penuhi persyaratan dan semua sudah selesai. saya yakin sampai DCT itu tidak akan ada perubahan. Proses seleksi, kita terbuka. dengan caleg-caleg dan sangat slektif dan mengacu kepada ketentuan internal kita. Itu semua kita jalankan, dari administratif, intervew. Dan persoalan sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Keterwakilan permepuan sudah memenuhi kuota 30 persen,” jelasnya.

Baca juga:  45 Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Ditempat berbeda, Ketua DPC Partai PKB, H.Idham  optimis mendapatkan satu fraksi DPRD SUmbawa dari Pileg 2019 mendatang.  “Target kami tidak muluk-muluk. Satu dapil satu kursi. Lima dapil artinya lima kursi. Artinya kita bisa dapat satu fraksi.

Ia berkomitmen, Pileg 2019 merupakan langkah awal baru setelah dua periode sebelumnya PKB dianggap stagnan. “Kami memiliki orang-orang potensial di setiap dapil. Dan yang kita pilih kemarin, berasal dari wilayah masing-masing, dan mampu bertarung di dapil tersebut. Mereka mampu, ada kemampuan, polular, punya masa. Kita ukur mereka,” tegasnya.

Ditambahkan, saat ini PKB masih fokus dalam setiap proses tahapan pencalegan hingga pemilihan nantinya. ” PKB hari ini, kita fokus dulu ke pileg nanti kita bicara Pilbup Sumbawa,” katanya. (ks/adm)

ksbksb ksbksb