by

Tingkatkan Minat Baca, Arpusda Tingkatkan Layanan Digitalisasi

Kabarsumbawa.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa terus mengoptimalkan layanan. Salah satunya layanan digitalisasi dan automasi. Kamis (26/07/2018).

Hal tersebut dinilai sangat penting oleh Dinas Arpusda, guna meningkatkan minat membaca masyarakat.
Saat ini pelayanan berbasis digitalisasi dan automasi sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak. Jadi kita sudah tidak manual lagi seperti yang lalu di kantor lama. Sekarang sudah aktif dan bisa digunakan”, kata Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Dra. Isdiati.
Setiap pengunjung yang datang lanjutnya, mereka tidak perlu lagi mengisi nama di buku pengunjung secara manual. “mereka cukup mengklik dan mengisi nama di perangkat komputer yang sudah disediakan”, ujarnya.

Baca juga:  Mahasiswa UNSA Ciptakan Alat Perangkap Tikus Elektrik

Lanjutnya, pengunjung juga tidak perlu susah payah mencari judul buku yang mereka perlukan, sebab pengunjung cukup melakukan pencarian di Online Public Acces Catalog (OPAC). “dari situ akan terlihat judul dan jumlah buku koleksi perpustakaan daerah”, jelasnya.

Selain itu ungkapnya lagi, Pengunjung tidak lagi menulis di Buku besar untuk melakukan peminjaman buku. Cukup klik peminjaman atau pengembalian di komputer.
“jadi semua serba otomatis”, katanya. (KS/aly).