oleh

18 Juli 18 Desa Gelar Pilkades

kabarsumbawa.com – Hari ini sesuai dengan jadual yang ditetapkan, dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 18 desa di Kabupaten Sumbawa. Pilkades serentak dilakukan diantaranya Desa Tatede Kecamatan Lopok, Desa Ranan Kecamatan Ropang,Desa Dete Kecamatan Lape dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas.

“Kita sudah koordinasi dengan penjabat kades dengan camat dan dengan panitia pemilihan kades. Kita berharap dengan persiapan-persiapan yang kita lakukan, mudah-mudahan semuanya berjalan baik,” kata Dr. Ikhsan Safitri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa di ruang kerjanya, Selasa (17/07).

Menurutnya, sebelum pemilihan, telah dilakukan seleksi tambahan kepada bakal calon kepala desa dari beberapa desa, yang jumlahnya lebih dari lima. Yakni Desa Ranan awalnya 8 bakal calon, Desa Dete Kecamatan Lape dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas masing-masing 6 bakal calon.

Baca juga:  Danrem 162 Wira Bhakti Lakukan Kunker Di Sumbawa

“Menurut ketentuannya bila lebih dari lima maka dilakukan seleksi tambahan. Untuk menggugurkan kelebihannya dan jumlahnya maksimal lima bakal calon kades,” ujarnya, juga mengatakan, seleksi tambahan dilakukan oleh tim independen bersama akademisi.

Dijelaskan, seleksi tambahan tersebit dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan pilkades itu sendiri. “Pilkades ini bolanya ada di desa. Bukan dikecamatan atau di kabupaten. Penyelenggaranya ada di desa kita dan kecamatan hanya memfasilitasi,memantau, aktornya penyelenggaranya ada di desa,” katanya.

Terkait PAW kepala desa, ia menegaskan, sejauh ini hanya desa Perung Kecamatan Lunyuk yang telah melaksanakan PAW, dan berjalan dengan sukses. “Baru perung saja. Kita berharap yang PAW lagi. Saya dengar-dengar ada juga kades yang akan mengajukan pengunduran diri. Karena ada juga kades yang mendaftarkan diri menjadi bacaleg. Karena seperti kita tahu ini musimnya caleg,”jelasnya. (ks/adm)

Baca juga:  Disayangkan, Telatnya Laporan Soal Banjir Di Alas

 

Komentar