oleh

Sekda NTB: Sail Moyo Tambora 2018 Momentum Grand Launching Pembangunan Samota

kabarsumbawa – Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc., P.hD, mengatakan bahwa kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 merupakan momentum untuk grand launching pembangunan SAMOTA, yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora di Pulau Sumbawa. Hal ini disampaikan Sekda NTB di sela-sela kegiatan Parade Budaya Sasak-Samawa-Mbojo di Kawasan Monas Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Disampaikan Rosiady bahwa SAMOTA merupakan salah satu harta karun bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di NTB. “Mengapa saya katakan harta karun, karena potensi kelautannya luar biasa, potensi pariwisatanya juga luar biasa. Tinggal bagaimana SDMnya ke depan yang harus kita maksimalkan untuk mempercepat proses pembangunan SAMOTA ini sebagai kawasan strategis yang akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat kita di Pulau Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat secara keseluruhan”, tuturnya.

Baca juga:  Selama Pandemi, Kejari KSB Laksanakan 371 Sidang Online

Menurut Rosiady, masyarakat NTB harus memanfaatkan Sail Moyo Tambora paling tidak untuk dua visi, yaitu pembangunan pariwisata dan pembangunan kelautan perikanan. “Ini dua potensi yang luar biasa yang harus kita gali semaksimal mungkin sebagai strategi pembangunan daerah kita, termasuk untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan”, ungkapnya.

Disampaikan pula bahwa kegiatan-kegiatan yang akan digelar dalam event Sail Moyo Tambora 2018 diarahkan sesuai dengan potensi yang ada, serta untuk mendukung pencapaian kedua visi tersebut. Dengan demikian, Sail Moyo Tambora 2018 tidak akan berlalu begitu saja setelah selesainya kegiatan, melainkan ada tindak lanjut dari pemerintah daerah dan juga masyarakat yang akan dilaksanakan untuk seterusnya.

Ditanyakan mengenai kesiapan Pemprov NTB terkait pelaksanaan Sail Moyo Tambora 2018, Rosiady mengatakan bahwa Pemprov NTB telah melaksanakan berbagai persiapan yang cukup matang. “Dari segi infrastruktur di lokasi venue utama dimana Presiden akan hadir saya kira kita sudah siap, termasuk event utama yang akan menyambut Bapak Presiden baik dari sisi upacara, pertunjukan, hiburan dan sebagainya yang akan digelar dalam opening ceremony Sail Moyo Tambora ini juga sudah kita siapkan”, jelasnya.

Baca juga:  Komisi II Sikapi Serius Mangkraknya Pembangunan PLTA Baturotok

Disampaikan Rosiady bahwa Sail Moyo Tambora 2018 merupakan event nasional yang ditempatkan di daerah. “Antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman harus saling mendukung untuk menyukseskan event ini”, tutupnya.

Penulis: Yuni Handayani
ksbksb ksbksb