UNSA Dan LSO Tandatangan MOU Tingkatkan Pembangunan Perikanan Sumbawa

kabarsumbawa.com – Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Samawa dengan Lim Shrimp Organization (LSO) Indonesia sebagai upaya peningkatan pembangunan perikanan berkelanjutan, Rabu sore (11/7) di Aula kampus Universitas Samawa disaksikan oleh Bupati Sumbawa melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Didi Darsani, A.Pt.,  dan seluruh civitas akademika universitas samawa.

Bupati dalam sambutannya, yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Didi Darsani, A.Pt., menyatakan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik adanya kerjasama Antara Universitas Samawa dengan Lim Shrimp Organization (LSO) Indonesia dan dipastikan Pemda akan memberikan dukungan penuh selama kerjasama itu menguntungkan masyarakat Kabupaten Sumbawa secara umum. Lebih jauh dijelaskan, Pemerintah Daerah selalu terbuka kepada setiap investor. Khusus terkait perijinan, Pemerintah Daerah akan mempermudah semua investor, dengan catatan semua syarat dan ketentuannya terpenuhi. Bahkan, ditargetkan setiap perijinan bisa selesai dalam sehari.
“Kami sangat mendukung kerjasama ini, bisa saja Unsa akan menjadi yang terdepan dalam riset dan tekhnologi khusus dalam pengembangan perikanan berkelanjutan di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.
Sebelumnya, Rektor UNSA Prof. Syaifuddin Iskandar, menyampaikan terimakasih kepada LSO dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan kepercayaan kepada UNSA. Rektor berharap kepada Pemda untuk memberikan dukungan penuh terhadap kerjasama ini, Termasuk dalam memberikan kemudahan di dalam berbagai bidang. “Insya Allah dengan segala yang kami miliki. Terutama SDM, kami akan bisa saling memberi manfaat dalam kerjasama ini,” ungkap Rektor saat memberikan sambutan.
Direktur LSO Indonesia yang diwakili oleh Legalnya, Mahfud, SH dalam sambutan singkatnya, sangat yakin kerjasama tersebut akan berjalan dengan baik dan saling menguntungkan. Terlebih dengan semua yang dimiliki UNSA saat ini. Terutama ketersediaan SDM, baik mahasiswa maupun para dosennya dengan disiplin ilmu yang beragaram. Kerjasama tersebut diyakini akan sangat membantu LSO ataupun UNSA dan masyarakat Kabupaten Sumbawa secara umum.
Sejak memulai bisnisnya di Kabupaten Sumbawa, Lim Shrimp Organization (LSO) terus menunjukkan progress yang baik. Sukses dengan budi dayanya yang kini telah mencapai 12 titik, LSO kini merambah dunia pendidikan. Pihak LSO coba menjalin kerjasama saling menguntukan dengan lembaga pendidikan. Khususnya di bidang riset dan tekhnologi, selain juga kerjasama di bidang ketenagakerjaan. Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan Universitas Samawa (UNSA).
Beberapa point MoU yang disepakati antara lain mahasiswa Perikanan akan dilatih atau magang di LSO. Selain itu, terbuka kesempatan kerjasama dalam melakukan riset untuk melahirkan berbagai terobosan dalam memajukan sektor Peternakan di Kabupaten Sumbawa. LSO di Kabupaten Sumbawa hingga saat ini sudah ada 12 titik yang telah dibangun tambak, dengan luas lahan masing-masing titik sekitar 10 hektar. Jumlah tersebut akan terus ditambah dan untuk tahun depan direncanakan kembali akan membuka 15 titik yang tersebar dibeberapa wilayah.
Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari UNSA ke LSO oleh Rektor Unsa Prof. Syaifuddin Iskandar kepada CEO LSO Indonesia, Ronald Lam disaksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala dinas Perikanan, Kepala Dinas PMPTSP dan jajaran Universitas Samawa, setelah penandatangan MoU antara LSO dengan UNSA.

Penulis : Andi Putra Irawan

News Feed