Kesadaran Orang Tua Meningkat, PDB SLBN Sumbawa Ikut Meningkat

Kabarsumbawa.com – Jumlah Peserta Didik Baru (PDB) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Sumbawa pada tahun 2018 meningkat. Sebelumnya pada tahun ajaran 2017/2018 jumlah PDB di SLBN Sumbawa sekitar 10 hingga 15 siswa. Namun pada tahun ajaran 2018/2019 ini meninggkat menjadi 27 orang peserta didik baru.

Kepala SLBN Sumbawa Bayu Yusef Kuswandi, yang ditemuai, Rabu (11/07/2018) oleh kabarsumbawa.com di ruang kerjanya, mengatakan peningkatan jumah PDB di SLBN Sumbawa ini merupkan bukti kesadaran orang tua Anak Bekebutuhan Khusu (ABK) tentang pentingnya pendidikan bagi bagi anak mereka.

“Jadi ada peningkatan kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Indikasinya ada peningkatan peserta didik baru tahun ini. Sebanyak 27 anak yang daftar dan kami terima. Sehingga total ada 120 siswa di SLBN Sumbawa”, jelasnya.

Menurutnya, dibalik peningkatan kesadaran orang tua ABK tersebut, tidak terlepas dari strategi dan aksi “Geriliya” para guru di lapangan. Mereka menyasar rumah orang tua yang diketahui memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK). Adapun wilayah yang disasar, yakni Kecamatan Moyo Utara, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Lenangguar, Unter Iwes termasuk Kecamatan Sumbawa.
“Jadi kami sudah tidak sosialisasi dengan memasang spanduk. Tapi tim guru SLBN Sumbawa langsung jemput bola di lapangan. Kita tanyakan langsung apa yang menjadi kendala. Rata-rata karena tidak mampu. Dan itu bisa ditanggulangi pihak sekolah. Hasilnya tahun ini ada peningkatan”, ujarnya. (KS/aly).

Komentar

News Feed