369 Jamah Calon Haji Sumbawa Laksanakan Manasik

kabarsumbawa.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan Manasik Haji sebagai persiapan pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Tahun 1439 Hijriyah / 2018 Masehi. Manasik Haji yang diikuti oleh 369 Jamaah Calon Haji se-Kabupaten Sumbawa ini dilaksanakan Rabu pagi (11/7), di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar.

Bupati Sumbawa, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani, A.Pt. menyatakan bahwa dalam melakukan ibadah haji, seorang muslim harus memahami hal-hal yang terkait dengan ketentuan-ketentuan dalam berhaji. Seperti syarat haji, rukun haji, wajib haji, larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji. Hal tersebut sangatlah penting agar dalam pelaksanaan haji nantinya berjalan dengan lancar dan segala amalan ibadah haji kita diterima Allah SWT.
Lebih jauh dijelaskan, para jamaah calon haji hendaknya menjauhi tindakan-tindakan yang jelas-jelas dilarang oleh pemerintah Arab Saudi. Para jamaah calon haji diharapkan mengkonsentrasikan dirinya hanya untuk beribadah yang merupakan tujuan utama di tanah suci. Para jamaah harus memahami bahwa perjalanannya ke tanah suci bukanlah perjalanan biasa, oleh karena itu agar senantiasa menjaga kondisi fisik dan mental dengan baik agar prosesi ibadah haji nantinya dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan. Melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan manasik haji ini, saya berharap agar para jamaah calon haji dapat memanfaatkan momen ini untuk memahami secara utuh berbagai hal mengenai ibadah haji ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa dalam laporannya yang diwakili Kepala Tata Usaha, Marzuki, S.Pd. menyampaikan bahwa jamaah calon haji Kabupaten Sumbawa untuk tahun 2018 berjumlah 369 orang. Keberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Sumbawa terbagi menjadi dua kali pemberangkatan. Pemberangkatan pertama, berjumlah 285 JCH yang termasuk dalam kloter 6, jatuh pada tanggal 24 Juli 2018. Untuk pemberangkatan kedua, 84 JCH yang termasuk dalam kloter 8, pada tanggal 27 Juli 2018. Rencana pemberangkatan untuk jamaah calon haji Kabupaten Sumbawa akan dilepas di Halaman Kantor Bupati Sumbawa menuju Asrama Haji Mataram.

Turut hadir pada manasik tersebut, Ketua DPRD Kab. Sumbawa yang juga termasuk sebagai JCH tahun 2018, Perwakilan dari Polres Sumbawa, Perwakilan dari Kodim 1607 Sumbawa, Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Besar serta jajaran dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa.

Penulis : Andi

Editor : Mahmud Anshari

Komentar

News Feed