Situng KPU Tempatkan Pasangan Zul-Rohmi Masih Memimpin di Kabupaten Sumbawa

Date:

Syukri Rahmat,S.Ag
Syukri Rahmat,S.Ag
Ketua KPU Sumbawa

kabarsumbawa.com – Hasil Hitung cepat KPU Sumbawa yang dipublis lewat aplikasi perhitungan suara (Situng) menempatkan pasangan Dr. Zulkieflimansyah dan Hj. Sitti Rohmi Djalilah sebagai peraih suara terbanyak di Kabupaten Sumbawa. Dengan perolehan 166.834 suara atau 68,43 persen. Selankutnya, Ali Bin Dachlan dan Lalu Gede Wirasakti Amir Murni dengan perolehan 28.490 suara atau 11,69 persen. Disusul paslon Ahyar Abduh dan Mori Hanafi dengan perolehan suara 24.706 suara atau 10,13 persen. Kemudian pasangan Suhaili Fadil Thohir dan Muh. Amin dengan perolehan 23.783 suara atau 9,75 persen.

“Aplikasi penghitungan suara itu memang dimiliki oleh KPU. Situng namanya. Dengan Situng itu masyarakat diharapkan bisa  mendapatkan informasi awal. Informasi awal yang disampaikan tersebut adalah informasi yang berasal dari C1, apa adanya. Paling kelirunya satu atau dua, keliru nulislah teman-teman, itupun kalau ada yang keliru. Kita sudah tekankan betul untuk cermat secermatnya dalam menulis. Makanya satu ruang teknis itu saya sterilkan. supaya teman-teman tidak terganggu dalam menginput,” kata Syukri Rahmat,S.Ag., Jum’at (29/06) di ruang kerjanya.

Baca juga:  PDIP NTB Tanggapi Santai Mundurnya Budi Suryata dari Partai

Ditegaskan, hasil hitung cepat KPU yang ditampilkan dalam aplikasi perhitungan suara tersebut merupakan data real atau informasi awal yang berasal dari C1. Sehingga dapat dijadikan standar atau rujukan informasi oleh masyarakat terkait paslon peraih suara terbanyak di Kabupaten Sumbawa.

Namun hasil Situng tidak bisa dijadikan dasar hukum penentuan paslon terpilih. Karena harus melalui hasil rapat pleno. “Saya kira memang penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi awal itu. Namun resminya saat pleno di Provinsi. Sebelum pleno di Provinsi, teman-teman Timses ini  sudah tahu sebenarnya, begitu kita pleno di Kaupaten. Pleno di Kabupaten nanti tanggal 4  Juli. Sekarang sudah ada 10 Kecamatan yang sudah selesai pleno, paling telat besok (Hari ini-Red) sudah selesai semua,” jelasnya.

Baca juga:  Dilirik Banyak Figur, Rohmi Djalilah Dinilai Potensial Berpasangan dengan Musyafirin

Diungkapkan, KPU Sumbawa mengapresiasi semua pihak termasuk masyarakat, karena proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di Kabupaten Sumbawa berjalan dengan sangat lancar dan aman. “Tidak ada persoalan yang membuat proses tersebut terkendala. Kemudian yang tidak kalah penting adalah dukungan  Panwaslu sampai ke tingkat PPL, bahkan PPS. Termasuk sinergitas aparat keamanani Polri dan TNI  yang sangat luar biasa,” jelasnya juga mengatakan, meskipun sebelumnya sempat terjadi kekurangan surat suara di Utan, di Prajak, namun dapat diatasi dengan segera. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

PDIP NTB Tanggapi Santai Mundurnya Budi Suryata dari Partai

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPD PDI Perjuangan angkat bicara terkait...

Dilirik Banyak Figur, Rohmi Djalilah Dinilai Potensial Berpasangan dengan Musyafirin

MATARAM, Kabarsumbawa.com -Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 kembali...

Penetapan Caleg Terpilih Tiga Hari Setelah Pleno Pusat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Ketua KPU Sumbawa Syamsi Hidayat,...

Caleg Gerindra Irwan Rahadi Tolak Hasil Rekapitulasi Kecamatan Taliwang

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Caleg provinsi dari Partai Gerindra...