Kagumi Riset dan Bank Gen Balitbangtan, Universitas Udayana Siap Kerjasama Bioteknologi

Date:

Bank Gen Balitbangtan
Bank Gen Balitbangtan

kabarsumbawa.com – Sebanyak sebelas orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Ilmu Biologi Program Pascasarjana FMIPA Universitas Udayana (UNUD) Bali mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) pada Senin (25/6/2018). Kunjungan ini merupakan bagian dari praktik kerja lapangan guna mengenal serta mencari peluang untuk bergabung dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala BB Biogen, Mastur PhD di Gedung Komisi Nasional Sumber Daya Genetik, BB Biogen. Dalam sambutannya Mastur bercerita tentang kegiatan perakitan varietas unggul baru dengan bioteknologi dan hasil-hasilnya.

Koordinator Program Studi Magister Ilmu Biologi UNUD, Dr. Ngurah Intan Wiratmini mengaku senang dapat berkunjung ke BB Biogen dan diberikan berbagai informasi baru kemajuan bioteknologi pertanian yang berkaitan dengan program studi di kampusnya. Intan pun berharap agar ada kerjasama yang terjalin antara BB Biogen dan UNUD setelah kunjungan tersebut.

“Kami betul-betul mendapat informasi yang baru, dan kami ingin terlibat dalam kegiatan penelitian dengan cara mengirim mahasiswa untuk melakukan praktik kerja lapangan di sini,” ujar Intan.

Hal senada disampaikan mahasiswa magister Ilmu Biologi UNUD, I Gusti Ayu. Ayu menyebutkan bahwa Balitbangtan merupakan lembaga yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, termasuk mahasiswa seperti mereka. “Saya optimis dengan adanya kerjasama antara kampus dengan BB Biogen, dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terlibat dalam kegiatan penelitian sekaligus mengembangkan potensi yang mereka miliki,” jelas Ayu.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa dan dosen sempat dikenalkan dengan Bank Gen Balitbangtan. Para mahasiswa sempat merasa kagum setelah mengetahui jumlah koleksi sumber daya genetik pertanian yang hampir mencapai 11 ribu aksesi.

“Saya tidak menyangka Indonesia memiliki Bank Gen yang sangat potensial. Kami berharap agar upaya konservasi ini terus dikembangkan dan dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat,” tutup Ayu. (Andika Bakti/ Mastur)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...