oleh

Kabupaten Sumbawa Layaknya Dibagi 31 Zona Pemadam

Lukman mukhtar
Lukman mukhtar
Kepala UPT Satuan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com
Dengan luas yang dimiliki Kabupaten Sumbawa, layaknya dibagi dalam 31 zona wilayah pemdam kebakaran. Sedangkan saatnya, baru terisi atau terbentuk sedikitnya lima zona pemadam, seperti Utan, Lenangguar, Plampang, Kantor Bupati dan Kantor Induk Satdamkar.

“Artinya ada 26 zona yang belum terbentuk atau belum terisi. Satu zona itu minimal satu unit, dan tergantung jumlah penduduk dan luas wilayah,” kata Lukman mukhtar, Kepala UPT Satuan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (21/06).

Ia berencana, untuk mengajukan prnambahan unit untuk mengisi zona Lape, Lunyuk dan zona Empang. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat diisi untuk zona lunyuk, lape dan empang. Kita¬† upayakan bersama-sama. Pak bupati juga beekomitmen untuk penambahan unit kita. Dan tidak mau kalah dari daerah lain, akan dipenuhi pelan-pelan sesuai kondisi keuangan daerah,” ungkapnya.

Baca juga:  Festival Moyo Dibuka di Wisma Daerah

Berdasarkan SOP, satu unit atau saru zona minimal melayani jarak 17 km. Dengan asumsi, 17 menit tiba dilokasi kebakaran sejak mendapat laporan. “Sebenarnya Perhitungan 17 menit itu, sudah tiga rumah yang terbakar, kalau itu rumah panggung. Maka dengan jarak tersebut kita padamkan rumah ke empat.

Ia mengakui, semua pihak termasuk Bupati Sumbawa telah ikut mendukung perkembangan dan kemajuan Satdamkar. Dan keterbatasan sarana yang dimiliki saat ini tidak terlepas dari kemampuan anggaran daerah.

“Memang kemampuan daerah kita yang terbatas. Bila dibandingka dengan daerah lain, ketersediaan unit UPT pemadam sangat kurang. Karena kita juga masih UPT, jadi kemampuan kita juga sangat terbatas. Kalau semua pihak merestui kita mandiri dan jadi dinas, tentu akan lebih baik dan lebih leluasa serta mandiri,” ujarnya.
Diungkapkan, Satdamkar saat ini diisi oleh sedikitnya 175 personil termasuk kepala satuan. Dari jumlah tersebut, beberapa telah mengantongi sertifikat pelatihan tingkat provinsi dan tingkat kabupaten.

Baca juga:  Bupati : Mari Tanamkan Tekad untuk Memberikan Karya Terbaik

“Mereka kita persiapkan juga untuk mengisi zona baru, jika memang nanti sudah terbentuk. Kita harapkan juga ada tambahan tunjangan jasa personil,” katanya. (ks/adm)

ksbksb ksbksb