Kebutuhan Logistik PILGUB NTB di Sumbawa Siap 100 Persen

56

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kebutuhan Logitik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 untuk kabupaten Sumbawa, dinyakatakan siap 100 persen oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa. Senin (11/06/2018)
Adapun jumlah surat suara yang sudah diterima oleh KPU Sumbawa berdasarkan data sebanyak 322.465 ditambah 2,5 persen cadangan sehingga totalnya 330. 945 surat suara. Karena cadangannya 8.485.

“surat suaranya sebanyak 322.465 tambah 2,5 persen cadangan totalnya 330.945, karena cadangannya 8.485. Jadi logistic untuk Pilkada NTB 2018 di Sumbawa sudah siap 100 persen”, kata Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag , kepada saat ditemui wartawan, setelah pembukaan perdana kotak surat suara yang didampingi oleh Kapolres Sumbawa dan Ketua Panwaslu Sumbawa di Kantornya, Sabtu (09/06/2018) kemarin.
“Setelah kita melakukan pembukaan perdana kardus surat suara yang diperuntukkan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB 2018, selanjutnya kita akan segera melaksanakan penyortiran dan pelipatan,” tambahnya.

Untuk penyortiran dan pelipatan tersebut lanjutnya, KPU Sumbawa akan melibatkan masyarakat bersama staf setempat, sekitar 70 an orang. Penyortiran dan pelipatan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Setelah itu baru kemudian surat suara akan dimasukkan ke dalam kotak surat suara bersamaan dengan formulir, blangko yang dibutuhkan pada saat pencoblosan 27 Juni mendatang.

“Jadi mudah-mudahan surat suara ini tidak banyak yang rusak. Contoh kerusakan bisa saja ada tinta yang lebor, ada gambar foto paslon yang kurang bagus atau hal-hal lainnya. Maka itulah fungsi penyortiran yang kita melibatkan masyarakat,” harpanya.

Terhadap surat suara yang rusak imbuhnya, mekanismenya KPU Sumbawa akan memilah dan meminta ganti dari KPU Provinsi. Karenanya pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang dilibatkan pada proses penyortiran dan pelipatan. Proses ini juga akan mendapat pengawasan langsung dari Panwaslu dan pengamanan dari pihak kepolisian. (KS/aly).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here