Inovasi Kecamatan Lantung masuk dalam Top 99 Inovasi Nasional 2018

Date:

Ishak
Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Setda Kabupaten Sumbawa Ishak, S.Sos

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa menempatkan salah satu inovasi pelayanan public PARIRI SI DESA (Pelayanan Sehari Terintegrasi Setiap Desa) dengan inovator Camat Lantung sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Setda Kabupaten Sumbawa, Jumat (8/6/2018) di ruang kerjanya.

Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Setda Kabupaten Sumbawa Ishak, S.Sos didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Laksana Jupri, S.Si, MM menyampaikan kepada media center bahwa dalam rangka gerakan One Agency One Innovation, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) secara nasional, sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik Indonesia, termasuk pemberian penghargaan kepada instansi pemerintah yang mempunyai inovasi pelayanan publik terbaik.

Tema Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2018 yaitu Inovasi Pelayanan Publik untuk Percepatan Mewujudkan Nawa Cita dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pendaftaran/Pengajuan proposal inovasi pelayanan publik melalui SINOVIK ditutup tanggal 31 Maret 2018.
Selanjutnya Kabag menyampaikan, bahwa sesuai surat elektronik yang diterima via WA dan dapat diakses melalui https://menpan.go.id/site/berita-terkini/info-terkini/pengumuman-tentang-top-99-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2018, pada lampiran Pengumuman Nomor 001/TPI.06/2018 tanggal 8 Juni 2018 yang ditandatangani oleh Ketua Tim Panel Independen J.B. Kristiadi, inovasi PARIRI SI DESA berada pada urutan ke-73.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Publik, Sekda Sumbawa Kunjungi 4 Dinas Klaster Penting

Lebih lanjut Kepala Sub Bagian Tata Laksana menambahkan bahwa seleksi telah selesai dilakukan. Sebanyak 1.463 inovasi berhasil lolos ke tahap penilaian proposal (Desk Evaluation). Dan dari 1463 inovasi yg diajukan tersebut telah terseleksi menjadi 99 inovasi terbaik dimana inovasi PARIRI SI DESA (inovator Camat Lantung) yang mendapat penghargaan serta berhak mengikuti seleksi TOP 10 dan Kompetisi Internasional. Sebelumnya inovasi PARIRI SI DESA ini juga berhasil masuk sebagai pemenang dalam kompetisi Inovasi Tingkat Provinsi NTB (eNTeBenovik).
Semua inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sumbawa dikelola secara sistematis oleh Bagian Organisasi & Pendayagunaan Aparatur, Sekretariat Daerah selaku admin lokal sistem informasi SINOVIK.

Baca juga:  Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Penghargaan Top 99 ini merupakan pencapaian sangat prestisius karena baru pertama kali Kabupaten Sumbawa masuk dalam Top 99 Inovasi Terbaik Nasional. Penghargaan dan pencapaian ini tentu semakin memantapkan komitmen Pemerintah Kabupaten Sumbawa dimana salah satu tema pembangunannya terkait inovasi daerah.

Ditempat terpisah, Camat Lantung Drs. Iwan Sofian menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Lantung sehingga mampu menjadi salah satu dari Top 99 Nasional. Selanjutnya Camat Lantung mengharap dukungan/opini/masukan yang dialamatkan melalui surel [email protected] sampai dengan tanggal 21 Juni 2018 mendatang. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...