Di Trawangan, Puluhan Bule Bersih-Bersih Pantai

Date:

Trawangan, Kabar Sumbawa – Permasalahan polusi sampah plastik ke laut merupakan isu global yang tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, hampir 80% sampah yang berada di laut berasal dari daratan.

Sementara Indonesia sendiri menyandang predikat sebagai negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik ke laut setelah China.

Berdasarakan penelitian Dr. Jenna Jambeck (2015) terdapat 6 negara anggota ASEAN yang masuk ke dalam daftar 20 besar negara penyumbang sampah plastik ke lautan.

Seperti yang si kutip di dietkantongplastik.info, negara-negara tersebut adalah Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

Oleh karena itu, sekitar 62 orang wisatawan asing (Bule) menggelar kegiatan bersih bersih di bibir pantai Gili Trawangan.  Kegiatan menjadi perhatian wisatawan lokal yanh ada diokasi.

Sian, koordinator kegiatan bersih pantai itu mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mencipatakan kawasan gilitrawangan yang bersih dan bebebas dari polusi sampah.

“Kegiatan bersih-bersih pantai di gili dilakukan setiap hari jumat untuk memunguti sampah plastik, puntung rokok, sampah botol”, jelas Sian.

Clean up beach di gili trawangan memang sudah dilakukan secara rutin para Pendiving yang ada di Gili Trawangan. Ia pun lun berharap kegiatan ini bisa menyadarkan para wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan.

“Kebersihan pantai adalah tanggung jawab kita bersama, karena kalau pantai bersih pasti kita akan merasa nyaman berlibur di sini (red, Gili Trawangan)”, harap wanita yang sangat perduli dengan kebersihan pantai di Gili Trawangan ini. (KS/yud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Trabas JAS #2 2024: Kebas Seloto Siapkan Jalur Petualangan Aman dan Menarik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - NTB akan menjadi saksi pelaksanaan...

Diskusi Bersama Pelaku Seni, Jubir Kemenlu RI Iqbal Dorong Sekolah Tinggi Kesenian Hadir di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu...

Henna_byfira, Rekomendasi Jasa Henna Art di Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bagi warga Kabupaten Sumbawa Barat,...

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Di penghujung tahun 2023, sekali lagi...