Bupati Sumbawa Siapkan Hadiah Bagi Desa Dengan 100% Penduduk Ber-KTP

Date:

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc menjanjikan hadiah bagi desa-desa yang mampu memfasilitasi 100% kepemilikan KTP bagi penduduknya. Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka Mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk, Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (11/5/2018).

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa, Kadis Dukcapil, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Sumbawa.

Bupati juga mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini, masih ada sekitar 10.000 orang di Kabupaten Sumbawa yang belum melakukan perekaman KTP-el. Hal ini menuntut seluruh jajaran pemerintahan dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat paling bawah masih harus bekerja keras agar seluruh penduduk di Kabupaten Sumbawa memiliki dokumen administrasi kependudukan.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Bupati minta peran aktif para Kepala Desa beserta jajarannya agar menerapkan sistem “jemput bola”, dengan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan pendataan dalam rangka perekaman KTP-el. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan angka kepemilikan dokumen adminduk bagi warga masyarakat, mengingat pentingnya dokumen tersebut bagi kejelasan identitas dan status secara hukum, termasuk bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya. Selain itu, juga dihajatkan untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dilaunching oleh Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyinggung masalah dana desa yang rentan penyelewengan oleh oknum kepala desa dan aparatur desa. Untuk itu, Bupati menekankan peran camat dalam melakukan pengawasan terhadap dana desa, agar penggunaan dana desa menjadi lebih optimal dan tepat sasaran serta dapat menjadi penggerak bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. Terkait dengan masalah kepemilikan adminduk, Bupati menyebutkan bahwa sebagian dana desa dapat disisihkan untuk membantu masyarakat miskin yang tidak mampu mengurus dokumen adminduknya.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Zulqifli dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang utuh bagi aparatur pemerintah terhadap substansi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihajatkan dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas penerbitan dokumen kependudukan termasuk percepatan perekaman dan penerbitan KTP-el serta kepemilikan akta-akta pencatatan sipil di Kabupaten Sumbawa. Adapun peserta kegiatan berjumlah 200 orang terdiri dari Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumbawa. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infont untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...