Sumbawa Akan Bangun Sentra Pengolahan Daging dan Rumput Laut

69
Drs. Arif M.Si
Drs. H. Arif M.Si
Kepala Diskoprindag Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM akan membangun sentra pengolahan daging dan rumput laut di Kabupaten Sumbawa.

Tahun ini, direncanakan sebagai tahun awal pengerjaan fisik dari tiga tahun yang direncanakan. “Untuk pengerjaan fisik, infstruktur seperti lab dan segala macamnya, itu kira-kira tiga tahun,” kata Arif, M.Si., Kadiskoperindag dan UKM Kabupaten Sumbawa di ruang kerjanya, Senin (07/05).

Menurutnya, segmen daging dan rumput laut dipilih karena Sumbawa termasuk dalam akronim PIJAR (Sapi Jagung Rumput Laut). Dan selama ini, daging masih dijual dalam bentuk ternak hidup, dan rumput laut dijual dalam bentuk mentah. Sehingga rantai pengolahannya tidak menjaring tenaga kerja yang banyak.
Disampaikan, sejauh ini sedikitnya 20 pelaku usaha telah terdata. Dimana 10 orang diantaranya di pengilahan daging dan 10 orang lainnya di pengolahan rumput laut.

“Orang-orang itu akan dididik oleh Kementerian perindustrian bagaimana mereka mengolah product sehingga sesuai dengan standar pasar,” katanya.

Dia berharap, lompatan besar yang dilakukan pemerintah ini disambut positif oleh masyarakat dan lingkungan. Sehinga Sumbawa nantinya bisa memanfaatkan seoptimal mungkin potensi unggulannya. (ks/adm)

1 KOMENTAR

  1. I see you don’t monetize your page, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month because you’ve got hi quality content.
    If you want to know how to make extra bucks, search for:
    Ercannou’s essential adsense alternative

Comments are closed.