oleh

Bupati Sumbawa dan Investor Korea Satukan Komitmen Wujudkan Investasi Strategis

kabarsumbawa.com -Investasi membutuhkan keseriusan, kepercayaan dan komitment untuk dapat terwujud dalam rangka mendorong laju pertumbuhan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Itulah salah satu upaya yang dilakukan oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc melakukan lawatan ke Korea Selatan. Menindaklanjuti Kesepahanan Bersama antara Kemendes PDTT, Pemkab Sumbawa, PT. Alam Bumi Cemerlang dan Gimco.co. Ltd yang ditandatangani tanggal 8 Februari 2018 yang lalu, bersama Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi KemendesPDTT, Bupati Sumbawa memenuhi undangan perusahaan multinasional Korea Selatan yaitu Gimco.co.Ltd.

Kunjungan Biomass Power Plant Gimco Co., Ltd dan Kepco E&C
Kunjungan Biomass Power Plant Gimco Co., Ltd dan Kepco E&C

Setelah memperoleh rekomendasi dari Kemendagri dan ijin dari Kemensetneg serta parpor dinas dan visa dari Kemenlu, Bupati Sumbawa bertolak ke Korea Selatan. Kedatangan Bupati Sumbawa yang didampingi oleh Kepala Bappeda Ir. H. Iskandar D, M.Ec.Dev dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumbawa H. Sahril, S.Pd disambut oleh jajaran direksi Gimco.co. Ltd dan Koramco.Ltd, Seoul (2/5/2018) yang dilanjutkan dengan melaporkan kunjungan dinas di KBRI Seoul. Selama di Korea Selatan, Bupati Sumbawa dan rombongan dijadwalkan akan berkunjung ke Seodaegu Energy (Biomass Power Plant) dan pertemuan membahas rencana investasi Kabupaten Sumbawa di Daegu. Dan kunjungan dan pertemuan dengan perusahaan Kepco E&C di Kimcheon.

Pada pertemuan yang dilakukan oleh Pemkab Sumbawa dengan jajaran direksi Gimco Co., Ltd dan Kepco E&C di Daegu pada hari Kamis (3/5/2018), Bupati Sumbawa menyampaikan kekaguman terhadap kesiapan para investor yang merupakan perusahaan-perusahaan ternama di Korea Selatan dan berpengalaman di bidang energy. Sebelumnya Bupati Sumbawa dan rombongan berkesempatan melakukan kunjungan ke beberapa Biomass Power Plant yang dimiliki Gimco Co., Ltd dan Kepco E&C.

Baca juga:  Babinsa Desa Labuan Jambu Dampingi Penyaluran BPNT
Pertemuan dengan jajaran Kepco E&C
Pertemuan dengan jajaran Kepco E&C

Saya dan pak Dirjen PKT datang ke Korea ini mewakili masyarakat Sumbawa dan Indonesia, sebagai tanda keseriusan menyambut rencana investasi ini. Untuk itu kami juga mohon keseriusan para sahabat investor untuk saling bekerjasama mewujudkan proyek yang kami anggap strategis ini, ungkap Bupati dihadapan jajaran Direksi Gimco Co., Ltd dan Kepco E&C.

Ini akan menjadi mimpi besar kami masyarakat Sumbawa NTB dan jjuga Indonesia, tambah Bupati. Hadir pada pertemuan dimaksud antara lain Bupati Sumbawa, Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumbawa, Chairman Gimco Co., Ltd Lee, Sangsun, Managing Director Gimco Co., Ltd Kim, Jongwoo, Business Development Kepco E&C Lee, Heebyung, dan Anggota Tim Komunikasi Kepala Daerah Sumbawa. Sebelumnya minggu lalu Pemerintah yang diwakili oleh Dirjen PKT Kemendes PDTT Dr. Muhammad Nurdin sudah mengadakan pertemuan dengan investor di tempat yang sama dan membicarakan dengan serius rencana proyek ini.

Pertemuan dengan jajaran Kepco E&C
Pertemuan dengan jajaran Kepco E&C

Direksi Gimco tampak bersemangat dengan proyek di Sumbawa dan mohon bantuan dan dorongan kepada Pemerintah Indonesia baik di Pusat dan di daerah agar rencana investasi bisa segera terlaksana.
Adapun poin yang dibahas pada pertemuan dimaksud antara lain penyusnan Marter Plan, Studi Kelayakan, rencana Ground Breaking pada bulan September, perizinan dan fasilitasi penyediaan lahan, percepatan Pembangunan Pelabuhan dan sebagainya. Untuk itu akan dibentuk Tim Gabungan (joint team) antara Kemendes PDTT, Pemkab Sumbawa, Gimco Co., Ltd, dan PT. Alam Bumi Cemerlang.

Baca juga:  Masyarakat Diajak Jaga Ekosistem Laut

Selanjutnya sebelum kembali bertolak ke Indonesia, Bupati Sumbawa melakukan pertemuan dengan Kepco E&C di Kimcheon pada hari Jumát (4/5/2018). Kedatangan Bupati Sumbawa disambut langsung oleh President & CEO Kepco E&C (PLN Korea) Bae-Soo Lee. Dalam pertemuan itu juga dibahas rencana-rencana investasi yang berkaitan dengan Nota Kesepakatanyang telah ditandatangani bersama.

Disela-sela pertemuan ini Bupati Sumbawa menyampaikan salam kepada masyarakat Sumbawa. Kepada seluruh masyakat Sumbawa dan para sahabat di jajaran pemerintahan Kabupaten Sumbawa, kami berharap doa dan dukungannya agar projek strategis ini bisa benar-benar terlaksana di Kabupaten Sumbawa, pungkas Bupati.
Selanjutnya untuk lebih merealisasikan inventasi strtategis ini, Pemerintah melalui Kemendes PDTT akan mengundang pihak investor untuk mengadakan pertemuan memantapkan rencana-rencana lanjutan yang kemungkinan besar akan dilaksanakan di Sumbawa Indonesia. (ks/*)

ksbksb ksbksb