by

Pimpin Upacara Hardiknas, Wakil Bupati Sumbawa Sampaikan Pesan Mendikbud

wakil bupati sumbawa pada hardiknas
Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Rabu (2/5/2018) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Hadir pada Upacara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Anggota Forkopimda Kabupaten Sumbawa, Para Asisten Sekda Kabupaten Sumbawa, Para Staf Ahli Bupati Sumbawa, dan Pimpinan OPD serta aparat pemerintah dan pelajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah menyatakan bahwa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 yang mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Menteri mengajak untuk menjadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Disampaikan pula bahwa dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Bab i, pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Menurut menteri jika kebudayaan nasional menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia. Di samping itu, disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional. Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang.

Baca juga:  DKP KSB Akan Buat "Apartemen" Ikan di Poto Tano dan Kuang Busir

Atas dasar pikiran tersebut, pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini Menteri mengajak untuk berkomitmen dengan terus berikhtiar membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia. Oleh karena itulah, pada Hari Pendidikan Nasional 2018, Menteri mengajak satukan tekad untuk “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan” dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan. (ks/adm)