oleh

HUT ke-14, Ratusan Anggota Tagana Berkumpul di Lombok Tengah

Loteng, kabarsumbawa.com – Ratusan anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dari 10 kabupaten kota di NTB berkumpul di Hortipark, Desa Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Senin (23/4) sore.

Pasukan kemanusiaan di bawah naungan Kementerian Sosial ini menggelar Apel dan Kemah Bhakti dalam rangka HUT TAGANA ke-14.

Pada tahun ini Loteng ditunjuk sebagai tuan rumah setelah Tahun 2017 sukses digelar di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan bertema “Pengabdian 14 Tahun Momentum untuk Meningkatkan Karya Nyata Bagi Negeri” ini disemarakkan dengan berbagai lomba dan bhakti sosial berlangsung hingga 26 April mendatang.
Dalam laporannya, Kadis Sosial Loteng, Baiq Sri Hastuti Handayani SH menyebutkan bahwa personil TAGANA yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 350 orang belum termasuk anggota TAGANA Provinsi. Kegiatan dalam rangka HUT Tagana ini bertujuan untuk penguatan organisasi Tagana, applause dan terlaksananya bhakti sosial Tagana. Selain itu penguatan sinergitas dengan Sahabat Tagana, general refleksi dan komitmen Tagana serta menjalin silaturrahim para peserta Tagana. Ia berharap kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan konstribusi positif bagi masyarakat dan daerah.

Baca juga:  Cegah Covid-19, PKK Sumbawa Bagikan Masker Kain Gratis

Plt. Bupati Loteng, Lalu Fathul Bahri yang diwakili Sekda H.M. Nursiah S.Sos MS.i saat membuka secara resmi kegiatan ini menyampaikan selamat datang kepada para personil Tagana dari kabupaten kota di NTB.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang silaturrahim dan bertukar informasi serta pengalaman dalam upaya peningkatan peran dan fungsi Tagana terkait penanganan bencana di daerah masing-masing. “Pengabdian dan kesiapsiagaan saudara dalam membantu penanganan berbagai bentuk bencana untuk mengurangi resiko dan dampak bencana yang lebih besar. Karena itu kami sangat mengapresiasi keberadaan dan partisipasi saudara. Teruslah berkarya dan mengabdi,” ujarnya.

Sementara Koordinator Tagana Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I mengatakan Sumbawa mengerahkan sebanyak 30 personil guna berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Tagana ke-14. Dalam kegiatan itu personilnya akan terlibat dalam kegiatan sosial seperti Tagana Go to School, bedah rumah dan lainnya. Tidak hanya itu Tagana Sumbawa juga mengikuti berbagai lomba di antara ketangkasan dan kecepatan pemasangan tenda pengungsi. “Jauh hari kami sudah melakukan berbagai persiapan. Insya Allah hasil tak akan menghianati usaha. Kami bisa meraih juara,” timpal Kaharuddin Bes selaku komandan regu lomba. (ks/adm)

ksbksb ksbksb