oleh

Masyarakat Nelayan Bangun Kerjasama dengan Swasta

dirmawan diskanlut
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupeten Sumbawa, Ir. Dirmawan

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com –
Masyarakat nelayan dari beberapa kelompok telah membangun komunikasi dengan perusahaan swasta untuk bekerjasama dibidang pertambakan. Kerjasama tersebut, dilakukan masyarakat secara mandiri, atau tanpa intervensi pemerintah.
“Kita tidak intervensi itu. Sudah ada pembicaraan antara pembicaraan antara perusahaan dan petambak,” kata Ir.Dirmawan, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (19/04).
Menurutnya, penerapan bentuk kerjasama antara lain, perusahaan menyediakan bibit dan pakan. Kemudian akan dibeli kembali oleh perusahaan tersebut dengan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak.
“Perusahaan sediakan bibit, pakan. Kewajiban petambak siapkan tambak. Akan dipelihara oleh petambak. Nanti hasilnya akan diambil oleh perusahaan. Harganya nanti disepakati oleh perusahaan dan petambak,” jelasnya.
Selain itu jelasnya, perusahaan akan memberikan pendampingan terhadap petambak. “Bagaimana agar hasilnya maksimal, panen sukses. Tentu perusahaan juga ikut andil dalam mendampingi,” katanya juga menambahkan, kerjasama bersama swasta juga diharapkan dapat diikuti oleh kelompok lain. (ks/adm)

ksbksb ksbksb
Baca juga:  Menko PMK, Launching BNTBKM di Harlah KSB Ke-15