Dikbud Target Kelulusan SMP Seratus Persen

49

Unbk smp sumbawaSumbawa Besar, kabarsumbawa.com –
Tahun lalu, kelulusan siswa SMP/sederajad di Kabupaten Sumbawa mencapai seratus persen. Angka tersebut juga ditargetkan tercapai tahun ini.
“Kita tetap targenya seratis persen. Tahun lalu kita lulus semua,” kata Sudirman Malik, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, di Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (19/04).
Menurutnya, kelulusan siswa dipengaruhi beberapa faktor, termasuk faktor non teknis, misalnya alpa mengikuti ujian. “Kecuali ada yang tidak mengikuti nanti,misalnya karena alasan sakit dan sebagainya. Tapi nanti bisa ikut susulan,” tegasnya.
Berdasarkan pantauan, seluruh sekolah telah siap menyelenggarakan ujian atau UNBK tingkat SMP. “Pantauan kita sudah siap, anak anak sudah siap, teman-teman guru sudah siap. Tidak ada lasan untuk tidak siap sekarang,” tegasnya.
Ia memastikan, sistem UNBK tidak berpengaruh terhadap kesiapan sekolah dan siswa. Sebab, siswa telah terbiasa dengan hal-hal berbasis teknologi.
Dijelaskan, sitem UNBK dilaksanakan oleh seluruh SMP di Kabupaten Sumbawa. Sebab, saat ini seluruh daerah telah dapat memgakses internet.
Ia menambahkan, sebagai bentuk antisipasi terhadap gangguan teknis dilapangan, Dikbud telah membangun komunikasi dengan Telkom dan PT.PLN selaku penyedia jasa internet dan listrik. Selain itu, masing-masing sekolah juga telah bersiap dengan menyediakan mesin listrik cadangan.
“Proses persiapan hingga hari ini berjalan dengan baik,” tegasnya. (ks/adm)