oleh

Tata Kelola Draenase Untuk Jaga Kualitas Air

Tata Kelola Draenase
Ilustrasi Tata Kelola Draenase

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Dengan adanya peraturan yang mengatur tentang tata kelola draenase diharapkan mengurangi genangan air dan banjir, mengurangi dampak menurunnya tingkat kualitas air bawah tanah, serta mengoptimalkan pemanfaatan lahan petanian. Sehingga Perda Tentang Drainase Perkotaan Dan Perkotaan dipandang perlu. Demikian di sampaikan, Agus Salin, Juru Bicara Komisi III DPRD Sumbawa  dalam menyampaikan Penjelasan komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa Terhadap Rancangan Peraturan Daerah  Tentang Drainase Perkotaan Dan Pedesaan, Serta Sumur Resapan, di ruang sidang DPRD Sumbawa, Kamis (12/04).

Menurutnya, Ranperda Tentang Draenase Perkotaan dan Pedesaan merupakan bentuk peningkatan pelayanan, serta kebijakan yang berpihak kepada masyarakat. “Di sisi lain, masyarakat dan dunia usaha tidak dirugikan. Keberadaan drainase perkotaan dan perdesaan merupakan harapan seluruh eleman masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  Wagub Prihatin Atas Terjadinya Bencana Banjir Sumbawa

Dijelaskan, pertambahan jumlah penduduk pada suatu daerah akan mempengaruhi kondisi sosial masyarakatnya. Dan pembangunan perumahan serta sarana maupun prasarana umum terus akan meningkat mengiringi laju pertambahan penduduk. Perkembangan ini akan merubah tata guna lahan dengan peralihan fungsi dari lahan yang semula lahan persawaan, ladang, kebun menjadi pemukiman, perkantoran dan lain-lain.

“Perubahan fungsi lahan tersebut akan mengubah kondisi daerah, antara lain menyebabkan perubahan besarnya jumlah air yang melimpas akibat hujan yang turun pada daerah tersebut,” katanya.

Sedangkan Ranperda Tentang Sumur Resapan bertujuan untuk mengurangi genangan air yang berpotensi banjir, mempertahankan tinggi muka air tanah dan menambah persediaan air tanah. Serta memberikan kepastian hukum atas prosedur pelaksanaan pembangunan sumur resapan di Kabupaten Sumbawa. Ranperda tentang sumur resapan memiliki landasan filosofis “pembangunan sumur resapan didasarkan pada pelestarian dan perlindungan terhadap air guna mengurangi genangan air pada musim hujan dan meningkatkan pasokan air pada musim kemarau dalam upaya menjamin kesejahtraan bagi masyarakat”. (ks/adm)

ksbksb ksbksb