Ini Harapan Bupati Kepada Da’i/Khatib Se-KSB

Date:

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Da’i/khatib diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program pemerintah, termasuk menjadikan mental masyarakat berkarakter Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh/IJS.

’Da’i/khatib sangat penting, kita bersinergi bagaimana da’i mengajak masyakat, kemudian nanti Baznas menampung dan menyarutkan zakat, infaq, sodaqoh,” Jelas Bupati KSB Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M saat membuka kegiatan pemberdayaan da’i/khatib masjid desa/kelurahan se-KSB, Selasa pagi (10/04).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan Pemberdayaan da’i/khatib sangat penting, bukan hanya dalam upaya membantu Baznas mengajak masyarakat membayar zakat, infak dan sodakoh. Namun juga bisa membantu pemerintah.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Selain Sebagai ujung tombak dalam syiar islam, lanjutnya, da’i juga bisa menjadi corong pemerintah dalam mensosialisasikan program dan menjaga generasi muda dari bahaya narkoba.

“Bagaimana da’i/khatib dalam khutbah atau kegiatannya dimasyarakat mengajak masyakat terutama generasi muda tidak mendekati narkoba.” imbuhnya.

Kemudian isu pengentasan kemiskinan, ia menharapkan Da’i/Khatib juga ikut mengkampanyekan dan membangun gerakan gotong royong melawan kemiskinan. Bagaimana mendengungkan program pemerintah daerah seperti bantuan bariri UMKM, Nelayan, Petani dan Bariri Ternak.

“Dimana bantuan usaha itu tidak gratis, tetapi dengsn mekanisme mengembalikan  ke rekening mereka sendiri.” Tandasnya.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Kemudian ada bantuan untuk kesehatan, disabilitas dan lanjut usia. Ia mengharapkan da’i/khatib membangun kepedulian atau kebersamaan di tengah-tengah masyarakat. Dan yang terpenting juga da’i/khatib berperan membangun mental masyarakat memiliki karakter ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh/IJS. Ada warga yang sejatinya mampu tapi karena tidak memiliki karaktrt IJS kemudian mengaku miskin.

‘’Tolong bantu kami, agar masyarakat KSB berkarakter IJS. Bangun silaturrahmi dengan masyarakat, karena melalui masjid-masjid masyarakat akan lebih mendengar,” Harap Bupati.(KS/yud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...