oleh

Panen Raya, Padi Organik untuk Masa Depan Lebih Sehat

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Kelompok Tani Uma Inil melakukan panen raya padi organik di kawasan Uma Inil Desa Sebasang, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Rabu (04/04/2018).
Kegiatan yang bertemakan “padi oraganik untuk masa depan yang lebih sehat” dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Kepala Dinas Pertanian Sumbawa, Kepada Dinas Peternakan Sumbawa, dan pejabat laninnya.
Ketua Kelompok Tani Uma Inil, H Musahab, menjelaskan awal mulanya ia menggunakan pupuk organic untuk memupuk tanaman padinya dikarenakan kelangkaan pupuk.
“Saya pake pupuk organic, pertamanya karena tidak adanya pupuk yang saya dapat, maka saya coba tanam dua petak sawah, tapi setalah panen, dan di perikasa, ternyata hasilnya lebih bagus yang organic daripada non organic”. Jelasnya.
Hingga saat ini, ia dan kelompoknya telah melakukan penanaman pada menggunakan pupuk organic sebanyak 17 hektar dengan hasil sekitar 5 sampai 7,5 ton per hektar.
Sementara itu, Bupati Sumbawa, H M Husni Djibril, B.Sc., mengatakan bahwa pemerintah Sumbawa memberikan perhatian besat terhadap hal tersebut dengan ditandi dengan di luncurkannya program gema Jipi yang telah berjalan dengan baik dan berkaitan irat dengan pupuk organic.
Dengan program pupuk organic ini lanjutnya, akan meningkatkan jumlah produksi padi di Sumbawa. “sumbawa tidak boleh kekurangan padi. Karena kita salah satu lumbung padi nasional”, katanya.
Lanjut Bupati, sampai saat ini upaya peningkatan hasil produksi padi masih terkendala rendahnya penerapan teknologi oleh para petani, khususnya dalam penggunaan pupuk.
Pada kesempatan ini juga, bupati berharap kepada H Musahab selaku petani yang telah berhsil menggunakan pukuk organic agar menularkan kemampuannya kepada petani lain. (KS/aly)
ksbksb ksbksb
Baca juga:  Pelayanan Satu Pintu Permudah Akses Pencairan Dana Stimulan Gempa