oleh

Mari Gemar Membaca

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – membudayakan gemar membaca tugas semua pihak untuk membentuk dan mempersiapkan generasi KSB yang handal.

‘’Dengan membaca akan membentuk karakter anak-anak,” kata Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM di halaman Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Selasa pagi (3/04) saat membuka kegiatan Peningkatan Minat Baca Siswa Menuju Kabupaten Sumbawa Barat Berbudaya Baca.

iklan kampanye

Tugas membudayakan membaca khususnya kepada generasi muda bukan tugas Dinas Arpusda dan guru semata. Namun budaya membaca harus dimulai dari lingkungan keluarga. Apakah bapak dan ibu bisa membaca. Kemudian mau mendidik anak-anaknya membaca. Kalau orang tuanya saja tidak bisa membaca, maka tentu menjadi masalah, dengan demikian anak-anaknya jangan sampai mengikuti orang tuanya yang tidak bisa membaca.

Baca juga:  Indikasi Beredarnya Kunci Jawaban Dapat Merusak Tatanan Dunia Pendidikan

‘’Membudayakan membaca tugas kita semua. Dengan banyak mrmbaca akan membuat mereka percaya diri, berwawasan dan mengarahkan ke mana mereka ke depannya. Dengan membaca, banyak yang diketahui dan banyak yang dipahami,” Tandas Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Irawansyah, S.H., M.H dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari. Tujuannya, pertama memperkenalkan Perpustakaan Daerah kepada anak-anak terutama pelajar. Kedua, mengasah keterampilam, bakat anak-anak agar terus berkembang. Ketiga, meningkatkan kepercataan diri anak-anak untuk tampil di depan umum, sehingga piawai dalam setiap penampilannya.

Ia juga mengungkapkan tingkat kunjungan ke Arpusda yang masih rendah. Ke depan, berbagai terobosan pun akan diambil untuk meningkatkan jumlah kunjunganke perpustakaan. Dicontohkannya, seperti menata ruang baca semenarik mungkin agar pengunjung merasa nyaman dan bangga berada di perpustakaan. Bekerjasama dengan pemerintah desa untuk membudayakan gemar membaca di tingkat desa dan terobosan lainnya.

Baca juga:  Ini Yang Bakal Dilakukan Mahasiswa Korsel Di KSB

‘’Kita ingin membaca dijadikan gaya hidup dan kebutuhan yang tentu akan meningkatkan kualitas manusia Kabupaten Sumbawa Barat,” Pungkasnya. (KS/yud)