oleh

Musrembang RKPD, Sumbawa Fokuskan Lima Prioritas Pembangunan

Rasyidi
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Pemerintah daerah kabupaten sumbawa fokuskan 5 prioritas pembangunan daerah hal tersebut mengemuka pada acara Musyawarah Rancangan Pembangunan (Musrembang) RKPD 2019, di Aula H. Madilaoe ADT Lanatai 3 Kantor Bupati Sumbawa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi menyampaikan bahwa proses pembangunan daerah di Kabupaten Sumbawa, tidak hanya menjawab persoalan-persoalan riil yang dihadapi masyarakat. Namun juga menjawab permasalahan yang dihadapi dalam konteks Provinsi dan Nasional. Bupati berharap terjadi sinergi dalam pembangunan daerah yang telah dimulai dari proses penyusunan rencana, yang dijabarkan dari RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021, kemudian dapat diselaraskan dengan tema pembangunan Provinsi dan Nasional.

Dijabarkan pula 5 fokus prioritas pembangunan daerah dari tema pembangunan tahun 2019 tersebut, yaitu : Pertama, peningkatan kualitas SDM melalui pemantapan pelayanan dasar dan pengurangan angka kemiskinan, dengan sasaran yang hendak dicapai meningkatkannya rata-rata lama sekolah, angka harapan lama sekolah, menurunnya angka kematian bayi, angka kematian ibu melahirkan, penurunan kasus balita gizi buruk termasuk angka stunting, cakupan kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi), dan menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran terbuka. Kedua, pemerataan pembangunan melalui peningkatan konektivitas infrastruktur wilayah dengan sasaran utama meningkatnya rasio panjang jalan kabupaten dalam kondisi mantap, meningkatnya cakupan layanan air bersih perkotaan dan perdesaan, penanganan rehabilitasi & rekonstruksi pasca bencana, peningkatan kondisi jaringan irigasi kewenangan kabupaten dalam kondisi baik. Ketiga, pengembangan pariwisata, kebudayaan dan lingkungan hidup dengan sasaran utama meningkatnya kunjungan wisatawan, terkelolanya situs cagar budaya secara lebih baik dan meningkatnya rasio sampah tertangani. Keempat, pengembangan produk unggulan daerah, peningkatan kapasitas UMKM dan realisasi investasi dengan sasaran meningkatnya produktivitas komoditi unggulan seperti padi, jagung, sapi, kerbau, kopi, rumput laut, perikanan tangkap dan produk olahan hasil perikanan, terjadinya pertumbuhan wirausaha dan meningkatnya investasi daerah. Dan kelima, peningkatan pelayanan publik dan inovasi melalui reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan desa dengan sasaran utama peningkatan pelayanan kependudukan dan pemanfaatan data dan informasi, semakin berkembangnya penerapan e-government, peningkatan kualitas pelayanan perizinan, peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, kualitas perencanaan pembangunan, mempertahankan opini WTP BPK, perbaikan pengelolaan aset daerah, peningkatan persentase desa mandiri, jumlah bumdes, desa bebas rentenir dan menurunnya desa rawan pangan. Kepada segenap ASN Bupati mengingatkan untuk tidak terlibat politik praktis, dan berusaha untuk tepat waktu (on time), baik dalam melaksanakan tugas maupun dalam menghadiri undangan dan rapat.

Baca juga:  Festival Pesona Tambora "Sumbawa Jadi Persinggahan"

Musrenbang RKPD 2019 kali ini mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan, Pengembangan Investasi Produk Unggulan serta Penguatan Sistem Inovasi Daerah Menuju Sumbawa Hebat Bermartabat”.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Pejabat dari Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pejabat yang mewakili Forkopimda, Ketua pengadilan Agama , Pimpinan OPD, Kepala KPP Pratama, Rektor UTS, Toga, Toma. (ks/adm)

ksbksb ksbksb