Menkominfo Resmikan Akses Internet di Desa Uma Beringin

Date:

Sumbawa, kabarsumbawa.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara meresmikan akses internet di Desa Uma Beringin yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, Sabtu 17/3/2018 di Desa Uma Beringin Kecamatan unter Iwes.

Hadir pada acara tersebut Anggota Komisi I DPR RI, Wakil Bupati Sumbawa, Dirjen PDT, Direktur Utama Lintasarta, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Direktur DataCom Lintas Arta, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTB, Pimpinan OPD dan para Camat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara dalam sambutanya menyampaikan bahwa di era teknologi informasi sekarang ini, informasi bukan sekedar pelengkap, namun sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar, baik dalam pengelolaan birokrasi maupun dalam kehidupan masyarakat secara luas. Karena itu masyarakat dituntut untuk melek terhadap informasi. Selain agar selalu up to date, informasi juga memberikan kesempatan membuka peluang baru untuk mencapai kemajuan dalam berbagai bidang.

Disampaikan pula bahwa di Kabupaten Sumbawa sudah ada 55 jaringan internet yang dibiayai oleh Kominfo dengan mensubsidi rata-rata 500 juta per tahun, dengan nomimal kurang lebih 25 milyar untuk internet, selain untuk sinyal. Hal tersebut dilakukan agar terjadi percepatan aktivitas ekonomi di daerah-daerah tertinggal.

Pak Menteri juga menyampaikan kepada anak-anak didik yang hadir untuk betul-betul memanfaatkan internet sebagai akses untuk memperoleh ilmu, pengetahuan dan informasi. Menkominfo menekankan bahwa semua upaya yang dilakukan pemerintah merupakan langkah awal yang sangat penting menuju Indonesia yang semakin baik pada Tahun 2030. “Anak-anak usia belasan tahun (teens) saat ini, yang akan berperan mengendalikan negeri ini pada saat puncak bonus demografi pada Tahun 2030, dan merupakan tanggung jawab kita bersama mempersiapkan sebaik mungkin, sehingga dapat menjadi orang-orang yang betul-betul mampu membawa Indonesia mencapai masa kejayaan,” lanjut Menteri.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rudiantara juga memohon dukungan agar Pemerintah Pusat bisa mengeksekusi nawacita (agenda prioritas) nomor 3 Pemerintahan Jokowi JK yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan meperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Baca juga:  Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutan penerimaannya menyampaikan rasa syukur terima kasih kepada Menteri Kominfo RI beserta segenap jajaran, karena sepanjang Tahun 2016 dan 2017 Kabupaten Sumbawa telah memperoleh alokasi bantuan akses internet program USO sebanyak 67 unit, yang teralokasikan untuk 26 Kelompok Informasi Masyarakat dan Kampung Media, 24 layanan publik kecamatan, 14 akses layanan pendidikan (sekolah), 2 akses layanan kesehatan (puskesmas) dan 1 akses layanan ketenagakerjaan (LLK Disnakertrans).

Disampaikan pula bahwa akses internet yang telah diberikan oleh Kementerian Kominfo mampu menjawab sebagian harapan masyarakat dibeberapa wilayah yang mengharapkan akses informasi yang cepat, tepat dan produktif. Saat ini, Kabupaten Sumbawa masih membutuhkan 222 akses internet untuk sarana pelayanan dasar, kantor desa, kelompok informasi masyarakat, sekolah puskesmas dan kelompok ekonomi kreatif masyarakat, khususnya untuk menunjang transpormasi informasi yang cepat dan akurat pada Pilkada, Pileg dan Pilpres yang akan datang, yang sudah berbasis teknologi informasi (IT).

Sejak Tahun 2016 , Pemkab. Sumbawa telah menginisiasi terbentuknya 24 KIM dan 4 Kamping Media. Mengingat informasi tidak hanya berasal dari instansi pemerintah atau lembaga formal lainnya. Tetapi masyarakat juga dapat memproduksi dan menjadi penyebar informasi kepada sesama, seperti yang dikelola dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Kampung Media yang ada di Kabupaten Sumbawa. Dalam konteks tersebut Pemda melalui instansi terkait bersinergi dan berupaya melakukan pembinaan agar KIM semakin efektif dan berkembang, sehingga mampu memproduksi dan menyebarkan informasi yang bermanfaat, mampu menjadi wahana improvisasi inovasi lokal desa/kelurahan, serta promosi potensi desa/kelurahan melalui sarana digital. Bahkan keberadaan KIM dapat dimanfaatkan untuk membantu pemerintahan desa yang bersih dan transparan, mensosialisasikan pembangunan desa, penyebaran informasi terkait berbagai produk-produk kreatif masyarakat desa, termasuk pengembangan seni budaya dan pariwisata, dan mendorong pengembangan potensi desa lainnya.
Wabup berupaya ke depan agar KIM dapat terbentuk di seluruh desa di wilayah Kabupaten Sumbawa, yang tentunya dengan dukungan sarana akses internet dari Kementerian Kominfo, dan tetap mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Kominfo RI, agar kekurangan akses internet di Kabupaten sumbawa tetap menjadi perhatian dan prioritas, dengan terus mendorong pertumbuhan Kabupaten Sumbawa melalui pemanfaatan program-program kegiatan Kementerian Kominfo.

Baca juga:  Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan CSR dan sertifikat pelatihan internet sehat yang diberikan  oleh Direktur Utama Lintasarta kepada penerima CSR dengan kriteria lokasi akses internet yang memiliki SLA dan traffic tertinggi di Kabupaten Sumbawa dan perwakilan peserta siswa sekolah, yang diberikan kepada Kepala desa Uma Beringin, Perwakilan Kantor Desa dan kepala Desa Pukat, Perwakilan dari SMKN 1 Lenangguar. Dalam acara tersebut juga dilakukan uji coba internet dengan video call ke akses internet yang berada di Desa Kukin. Di sela-sela kunjungannya Menkominfo juga melakukan peninjauan UKM PKK Desa Uma Beringin dan ruang KIM di Kantor desa Uma Beringin. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi...

SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa berhasil masuk sebagai...

Sumbawa Jadi Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas...

Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...