oleh

Memancing, Ke Air Terjun, Hingga Mencicipi “Poteng Jadi” di Embung Pernek

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Jika membicarakan wisata di Sumbawa tidak akan ada habisnya. Salah satunya ekomisata di Embung Pernek Desa Pernek, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa Besar.
Ekowisata di Embung Pernek bisa diakses melalu jalur darat, dari dalam kotas Sumbawa menuju Desa Pernek memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. dari perkampungan ke tempat wisata sekitar kurang dari 20 menit.
Adapun  wisata yang dapat dinikamati di Embung Pernek yakni, Wisata Khuliner Khas Desa Pernek yakni “poteng Jadi” atau tape ketan yang di diberi kuah dari susu kerbau serta makanan khas Sumbawa lainya, seperti Sepat dan singang. selain itu ada juga wisata pancing, wisata air terjun yakni air terjun Tabatewa.
Bagi wisatawan yang ingin menikmati poteng jadi maupun makanan khas sumbawa lainnya, bisa langsung memesannya melalui Bumdes, Pokdarwis, atau melalui penggerak PKK Desa Pernek.
Untuk keamanan tidak perlu dikhawatirkan, sebab pemerindah Desa bersama toko masyarakat serta Pokdarwis setempat telah berkomitmen bahwa keamanan menjadi yang utama bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.
Untuk diketahui Embung Pernek di bangun pada tahun 2017 dengan dana APBN sekitar 7,5 M. pembangunannya dilatarbelakangi dengan adanya lahan pertanian di muara embung, dimana petani yang ada arel muara embung selalu mengalami gagal panen karena kekurangan air, hal tersebut telah terjadi berpuluh puluh tahun. Dengan adanya embung ini dapat tertangani dengan baik.
Menurut keterangan kepala Desa Pernek, Drs. Saguni, bahwa Pada tahun 2018 pihaknya telah melakukan kerjasama dengan KPH dan pokdarwis telah melakukan launching untuk ekowisata alam embung Pernek yang dilaksanakan pada tanggal 11 pebruari lalu.
Kemudian terkait dengan rencana untuk melaksanakan ekomisata alam kerjasama pemerintah desa dengan KPH Puncak Ngengas Batulanteh dan kementrian lingkungan Hidup serta kehutanan RI, yang dimana pada bulan maret 2017 dan bulan juli 2017 telah dilakukan pelatihan.
Hari ini, Sabtu (10/03/2018) para wartawan media cetak, Elektronik, Online, serta TV, yang tergabung ke dalam komunitas “Bangku Belakang” atau yang di singkat BaBe, melakukan wisata Syariah ke Embung Pernek.
Wisata Syariah merupakan rutinitas mingguan Jurnalis BaBe, selain berwista kegiatan ini juga merupakan kegiatan untuk mengeksplor potensi-potensi wista yang ada di Kabupaten Sumbawa. (KS/aly)
ksbksb ksbksb
Baca juga:  Sampah Terbawa Arus Penuhi Pantai Wisata Ai Lemak