by

Banjir Terbesar Yang Pernah Terjadi di Desa Lito Rendam Puluhan Rumah dan Areal Persawahan

banjir litoSumbawa Besar, kabarsumbawa.com –
Sekitar pukul 03.45 wita, Selasa (06/03) masyarakat Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu disibukkan dengan banjir yang mulai memasuki pemukiman. Banjir tersebut diketahui, merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi di Deaa Lito.
“Kalao cerita-cerita orang tua, belum pernah terjadi banjir sebesar ini. Kali ini yang terbesar,” kata Maswarang, Kepala Desa Lito, Selasa (06/03).
Menurutnya, meskipun belum merampungkan data dampak, banjir tersebut merendam  puluhan rumah warga, dengan ketinggian hingga 1 meter. Bahkan salah satu kios beserta terseret, tanpa dapat diselamatkan isinya.
Dikatakan, banjir diketahui merendam dua dusun yakni Dusun Lito Jam dan Dusun Lito Bawah. Selain itu, banjir juga merendam puluhan hektar areal persawahan padi siap panen.
“Ada padi yang sudah disabit, hanyut bawa air,” jelasnya, juga menambahkan, areak persawahan yang terdanpak yakni Orong lito, Orong Juru Sami, Orong Bage Loka dan Orong Tropok.
Ia mengunkapkan, sebelum banjir, terjadi hujan intensitas rendah di sekitar Desa Lito, dan hujan dengan intensitas tinggi di hulu DAS Lito. Sekitar pukul 17. 49 wita banjir berangsur-angsur surut, dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing. (ks/adm)