oleh

Kodim 1614/Dompu Bantu Evakuasi Korban Banjir

banjir dompuDompu, kabarsumbawa.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Dompu kemarin sore menyisakan kepedihan di masyarakat Dompu khususnya di Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja. Hujan yang terus menerus tersebut mengakibatkan hampir ribuan rumah di dua kecamatan terendam banjir pada Senin (05/03/2018) kemarin sore.

Melihat kondisi tersebut, Kodim 1614/Dompu dan jajaran langsung turun bersama BPBD Kabupaten Dompu, Polres Dompu dan Satpol PP Kabupaten Dompu membantu mengevakuasi warga dan menyelamatkan barang-barang yang bisa diamankan pemilikinya.

Intensitas air yang begitu tinggi melewati tanggul sungai Tanggul sungai yang tidak mampu menampung air yang ada dibantaran sungai Laju di daerah tersebut.

Baca juga:  Manfaatkan Musim Hujan, Kodim Sumbawa Tanam 16 Ribu Pohon

Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arif Hediyanto, S.IP., dilokasi bencana bersama ibu-ibu Persit, Selasa (6/3) menyampaikan ikut merasa prihatin melihat kondisi warga yang tertimpa banjir akibat hujan deras kemarin.

“Saya merasa prihatin melihat kondisi masyarakat yang terkena musibah banjir kemarin”, ungkap Arif.

Arif melanjutkan, seluruh personelnya sudah dikerahkan mulai kemarin hingga sekarang untuk membantu masyarakat mengamankan barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

Menurutnya, hingga saat ini ratusan rumah warga yang terendam banjir tinggal tersisa lumpur dan tidak ada korban jiwa.

“Insya Allah setelah ini kita akan melaksanakan karya bhakti secara bersama-sama untuk membantu membersihkan rumah-rumah yang terkena banjir sehingga warga bisa segera menempati rumahnya. Dan juga untuk menghindari timbulnya wabah penyakit”, kata Arif.

Baca juga:  Satgas HANURA Gandeng TAGANA dan Pramuka Cegah Penyebaran Covid-19

Arif berharap, jadikan musibah ini sebagai pengalaman agar selalu berhati-hati terhadap setiap kemungkinan yang dapat ditimbulkan akibat perubahan cuaca yang tidak menentu dan sulit untuk diprediksi”, pungkasnya.

Sementara pada malam hari, para Babinsa setempat menemani para korban banjir ditenda-tenda yang sudah disiapkan dan melaksanakan kegiatan ronda malam untuk membantu mengamankan barang-barang milik korban.

Komentar