oleh

Tim Babungan Segrap Pelaku Illegal Loging Di Labangka

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tim Gabungan Balai KPH Ampang Plampang bersama Kodim 1608 Sumbawa sergap pelaku Illegal Logging di Labangka, kami (22/02/2018) malam. penyergapan tersebut dilakukan di wilayah Brang Mentingal Kecamatan Labangka, Sumbawa Besar.

Balai KPH Ampang Plampang yg dipimpin Kasi KSDAE KPH Ampang Plampang Dedy Purwanto., M.Sc dan didukung Timsus Kodim 1607 Sumbawa dengan diback up Koramil setempat. Hasil penyergapan malam tadi hasilnya 7 org pelaku di TKP kawasan hutan yg telah diamankan bersama barang bukti kayu rimba hasil illegal logging.

Dandim 1607 Sumbawa Letkol Sumanto, menjelaskan bahawa pada pukul 22.05 Wita, tim gab melakukan penangkapan satu unit truk warna kuning dengan muatan kayu klicung berbentuk balok dengan jumlah kurang lebih 22 batang plus 8 orang pelaku di Daerah Labangka 3 selanjutnya pelaku dibawah ke kantor KPH Ampang.

Baca juga:  Tim Gegana Sterilisasi Gereja di Sumbawa

lanjut Dandim, selajutnya tim penyergabapan melakukan penyisiran kebali, Jum’at (23/02/2018) pegi di TKP dan berhasil menemukan kurang lebih 40 batang kayu dan 1 unit shaisaw (gergaji mesin) serta beberapa barang bukti lainnya yang dimusnahkan di TKP sebab tidak dapat dikeluarkan dari TKP.

Terhadap Illegal Loging lanjut Dandim, TNI tidak akan mundur sekalipun. Operasai gabungan bersama KPH Ampang Plampang merupakan hasil informasi dari masyarakat, sehingga timgab melakukan penelusuran ke lokasi tersebut yakni A1.

“inilah yang saya butuh agar masyarakat berani menyampaikan hal-hal tersebut agar segera dicegah secara bersama-sama dan kerusakan hutan dapat dicegah”, ujar Dandim.

Baca juga:  Miras di Area Masjid, Pemuda ini Diamankan Satpol PP

selanjutnya Kepala Balai KPH Ampang Plampang Julmansyah, menjelaskan bahwa pihaknya akan menerapkan berbagai strategi secara simultan untuk mengatasi illelag loging. Patroli kawasan secara simultan. patroli kawasan dengan sasaran pelaku penebangan kayu secara illegal.

selain itu lanjutnya, upaya secara rehabilitasi dan kemitraan melalui perhutanan sosial untuk mengembalikan fungsi hutan Sumbawa. (KS/aly).