Diplomat Senior 14 Negara akan Kunjungi Sumbawa

155

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com -Sebanyak 14 Diplomat Senior 14 negara akan kunjungi Kabupaten Sumbawa pada akhir April 2018. Pernyataan ini disampaikan oleh pejabat perwakilan Kementerian Luar Negeri RI Ratih Tunjung Utami, SE, M.Ak ketika melakukan audiensi dengan Bupati Sumbawa di Ruang Kerja Bupati, pada Kamis sore (22/2/2018).
Dalam laporannya kepada Bupati Sumbawa bahwa kehadiran para diplomat senior ini dalam rangka Diklat Sesparlu Internasional Angkatan ke-20 Tahun 2018. Tujuan kunjungan para diplomat senior ini adalah memberikan kesempatan kepada peserta diklat untuk melihat (sight), mendengar (hear) dan merasakan (taste) beragam keunikan serta cita rasa khas Kabupaten Sumbawa.
Ratih menyampaikan bahwa dipilihnya Kabupaten Sumbawa karena dipandang Kabupaten Sumbawa memiliki prospek pengembangan ekonomi kreatif dan kepariwisataan yang mampu menjadi perhatian para investor. Hal ini juga bagian dari semangat Sesparlu yaitu 360 degree learning, dimana para peserta dapat memperoleh gambaran yang utuh tentang Indonesia, tidak hanya di Jakarta saja namun juga sejumlah daerah potensial yang akan maju berkembang dimasa yang akan dating.
Disampaikan pula bahwa Diklat Sesparlu Internasional Angkatan ke-20 Tahun 2018 akan mengundang diplomat senior antara lain dari RRT, Meksiko, Korea Selatan, Turki, Australia, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Kroasia, Kuba, Madagaskar, Dominika dan Timor Leste, dimana direncanakan kunjungan ke Kabupaten Sumbawa akan dilaksanakan tanggal 29 April 2018 sampai 4 Mei 2018.
Ratih menambahkan bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk membuka cakrawala para peserta dan mengenal lebih jauh potensi besar yang dimiliki Kabupaten Sumbawa, khususnya wisata bahari dan ekonomi kreatif.
Hal ini dinilai selaras dengan program prioritas pemerintahan Presiden Jokowi serta menjadi sarana promosi pariwisata dalam membangun citra Indonesia yang semakin positif di dunia internasional.
Kunjungan kerja tersebut juga diharapkan dapat membuka pintu bagi peserta untuk membangun jejaring dengan para pemangku kepentingan di daerah dan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat melalui berbagai kegiatan social yang bermanfaat.
Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Luar Negeri RI yang telah menunjuk Kabupaten Sumbawa sebagai tujuan kunjungan para diplomat senior dalam pada Diklat Sesparlu Internasional Angkatan ke-20.
Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi kami, masyarakat Kabupaten Sumbawa. Sampaikan salam kami dan ungkapan terima kasih kami ke Bu Menteri Luar Negeri ungkap Bupati saat menerima perwakilan dari Kementerian Luar Negeri.
Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa jajaran Pemkab Sumbawa akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk menyambut kunjungan para tamu kehormatan dari 14 negara dimaksud.
Terkait dengan beberapa potensi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, Bupati Sumbawa yang didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Sekretaris Dinas Kominfotik, Kasubbag Pemberitaan dan Naskah Pimpinan menjelaskan bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki potensi pariwisata yang sangat banyak, walaupun saat ini masih pada taraf pengembangan dibeberapa obyek serta atraksi budaya.
Bupati Sumbawa menyarankan agar kunjungan awal untuk pemetaan lapangan antara lain kawasan strategis Samota seperti Pulau Moyo, Teluk Saleh, Ai Loang, kawasan wisata di Alas Utan seperti Pulau Bungin, Pulau Kramat dan Pulau Bedil. Selain itu juga diarahkan ke Istana Dalam Loka maupun Bala Kuning untuk destinasi wisata sejarah, desa wisata Batudulang, pusat kerajinan tenun Sumbawa di Dusun Semeri Desa Poto, Desa Penyaring sebagai salah satu pusat homeindustry permen susu, dodol rumput laut dan beberapa sentra produksi madu Sumbawa.(ks/)