IPSI Gelar Open Turnamen Pencak Silat Championship Tingkat Remaja

258

ilustrasi turnamen pencak silatSumbawa Besar, kabarsumbawa.com –
Ikatan Pecak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Sumbawa, menggelar Open Turmanen Pencak Silat, untuk tingkat pelajar SLPT-SLTA. Acara yang di ikuti lebih dari 300 peserta dari kalangan SLTP-SLTA se Kabupaten Sumbawa tersebut akan berlangsung selama 5 hari saja mulai dari tanggal 22 hingga 26 februari 2018 di Stadion Mampis Rungan sumbawa.

Ketua Umum IPSI Kabupaten Sumbawa Kamaluddin ST, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (21/02) mengatakan, selain acara Open pencak silat championship, terlebih dahulu akan dilakukan pendidikan, pelatihan dan penataran terhadap 10 calon wasit juri yang dilakukan oleh satu wasit Juri internasional dan dua wasit juri nasional selama dua hari.

Adapun wasit juri internsional yang dimaksud yakni Wahyuddin Msi yang juga Ketum Ipsi Propinsi NTB, sementara dua wasit juri Nasional yakni Abdul farjad dan satu lagi wasit nasional asal Kabupaten Budi Sutriadi sahbana.

Dijelaskan Kamaluddin, kegiatan tersebut juga bagian dari seleksi Pekan Olah Raga (Popda) Tingkat Propinsi. Sementara terdapat 13 klas yang akan dipertandingkan dalam pertandingan tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, sudah tentu peran dan support pemerintah maupun pihak swasta sangat diperlukan untuk memajukan dunia olah raga serta prestasi bagi generasi muda khususnya di cabang oleh raga pencak silat yang selama ini telah banyak mengharumkan nama daerah baik itu ditingkat daerah maupun ditingkat nasional.
Dalam hal ini ia berharap, dengan adanya open turnamen pencaksilat ini, selain mencari bibit-bibit unggul yang berprestasi, juga bagian dalam melestarikan olah raga asli dimiliki oleh masyarakat Indonesia ini dari akar budaya, agar tetap terpelihara dan dipertahankan oleh generasi muda.

“Sejauh ini, Atlet-Atlet pencak silat asal sumbawa sangat di perhitungkan dan tidak kalah dengan daerah lain, bahkan sudah banyak atlet Pencak Silat yang berhasil hingga ke tingkat nasional, mudah-mudahan dengan Open Pencak Silat Championship tingkat remaja ini lahir atlet berprestasi lainnya” Ungkap Kamaluddin. (ks/adm)