oleh

Diskanlut Sumbawa, Upayakan Lahan Tidur Sektor Kelautan Berproduksi Kembali

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sektor Kelautan Kabupaten Sumbawa bisa dikatakan memiliki potensi yang sangat besar bagaikan Raksasa yang sedang tertidur.

Nah, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa sangat jeli melihat potensi tersebut. Karena, dapat menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir dalam aspek budidaya. Sehingga Program Revitalisasi lahan tidur dapat berproduksi kembali.

“Kami akan mengupayakan untuk lahan-lahan budidaya kelautan yang telah tertidur untuk bagaimana bisa bangkit dan berproduksi kembali, dengan memfasilitasi serta memberi bantuan Sarana”, Ungkap Dirmawan yang ditemui Kabarsumbawa (20/2) diruang kerjanya.

Dianalogikan Dirmawan, Sektor Kelautan Kabuoaten Sumbawa merupakan raksasa yang tertidur. Yang apabila bisa dikelola dan dikembangkan dengan cermat, maka secara otomatis berimplikasi pada penikngkatkan ekonomi masyarakat. Terlebih menambah pendapatan daerah dan pasar yang menjanjikan, dengan mengekspor hasil dari laut Sumbawa yang terkenal dengan kualitas terbaiknya.

Baca juga:  TNI Netral Dalam Pileg dan Pilpres

“jika dilihat, sektor yang sangat menggiurkan salah satunya adalah budidaya Udang. Sekarang udang bisa panen dalam waktu 2 bulan dengan pakan organik dengan teknologi yang sangat sederhana” paparnya.

Menurutnya, apabila dapat dikelola dengan cermat tentu dapat memberi kesejahteraan dan keuntungan kepada petani tambak tradisional. Karena jika merujuk pada hasil produksi udang setelah panen, harganya sebesar Rp.50 ribu/kg. Ini lima kali lipat dari modal awal sebesar Rp.10 ribu/kg.

“Bisa dibayangkan kemudian produksi hingga 8 ribu ton dan keuntungan yang bisa diraih. Target dinas kelautan dan perikanan adalah sumbawa menjadi icon Udang nasional dan kedepan dilaksanakan Rod Show Udang nasional dikabupaten sumbawa dengan menghadirkan fasilitator nasional” Pungkasnya.(KS/AJI)

iklan bkbpp

News Feed