oleh

Perusda Musti Didukung Semua Pihak

Drs. Irawan Subekti, Kapala Bagian Perekonomian
Drs. Irawan Subekti, Kapala Bagian Perekonomian

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com –
Sejak sekitar dua atau tiga bulan lalu, Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Sumbawa mulai aktif kembali, setelah vakum. Untuk menggeliatkan kegiatan Perusda, terlebih bila telah ada direktur divinitif, musti didukung dan didiring semua pihak.

“Sekitar 2 atau 3 bulan ini sudah berjalan, sembari membenahi internal secara pelan-pelan. Karyawan sudah mulai masuk dan diberikan insentif meskipun tidak banyak. Mereka sudah aktif lagi. Meskipun sedikit sudah punya cadangan atau simpanan anggaran,” kata Drs. Irawan Subekti, Kapala Bagian Perekonomian Setda Sumbawa di ruang kerjanya, Senin (19/02).
Menurutnya, saat ini Perusda sedang mencoba membangkitkan kegiatan usaha dengan potensi yang dimiliki. Dan kedepan, semua pihak diharapkan ikut berperan mendorong kemajuan perusda terutama setelah direktur definitif terpilih.
“Direktur baru harus mampu membangun koordinasi, komunikasi, transparansi anggaran. Memiliki visi dan misi jauh kedepan, serta jaringan yang luas. Ekspansi ke bisnis baru juga paling penting itu,” jelasnya.
Diungkapkan, Direktur Perusda akan ditentukan dalam waktu dekat. Setelah semua proses termasuk pemnentukan tim parsel tuntas, agar tidak menyalahi ketentuan.
“Pemilihan direktur definitif baru kita ingin secepatnya. Tim parsel sekarang sudah terbentuk, sudah kita laporkan ke bupati. Nanti kita juga akan laporkan ke sekda sebagai ketua. Nanti kita akan lakukan rapat kecil. Baru setelah ini selesai semua, baru akan diumumkan,” katanya.
Ia berharap, direktur baru dapat membawa perusda yang hampir karam menjadi lebih baik. “Peluang kesana sangat besar. Harapkan bisa lobi dan libatkan swasta. Intinya hari ini, bagaimana direktur bisa menanamkan kepercayaan kepada pemilik,” tegasnya.

Baca juga:  Wabup Buka Kegiatan Sosialisasi Pugar 2016

Ditempat yang sama, Ifan Indrajaya, plt Direktur Perusda, mengatakan saat ini terdapat sedikitnya 12 karyawan aktif termasuk direktur, dari sebelumnya sekitar 3 orang. “Perusda kita hidupkan kembali. Saya ingin perusda bisa masuk dalam program strategis pemerintah. Misalnya progtam integrasi jagung dan peternakan. Kita memanfaatkan limbah jagung untuk dijadikan pakan ternak,” katanya mencontokan.
Selain itu, perusda juga dapat mengoptimalkan potensi perbengkelan. “Kalau kita buka secara umum maka akan bersaing dengan masyarakat dan itu tidak boleh. Kita masuk mengelolah mobil dinas. Jadi semua mobdis akan di perbaiki dan perawatan di perusda. Dinas hanya tahu pakai saja, tidak usah dipusingkan denga perbaikan kendaraan. Anggarannya disediakan oleh pemda. Dinas itu terima pakai kendaraan,” ucapnya, juga menambahkan, usaha yang sedang dirintis perusda saat ini antara lain percetakan dan penyewaan alat.

ksbksb ksbksb