oleh

Pemda KSB, Dukung Pembentukan UKK Imigrasi Di KSB

Sumbawa Barat, Kabar Sumbawa – Bupati Sumbawa Barat, Drs. H. W. Musyafirin, MM, menyambut baik serta mendukung Rencana Pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kami sangat mendukung rencana ini, karena akan mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di KSB. Bayangkan kalau kita mau urus passport, sangat jauh.” Tegas Bupati di dampingi Wabup KSB, Fud Syaifuddin, ST yang diwawancara usai pertemuan terkait rencana tersebut di Ruangan Kerjanya, Rabu (14/2).

iklan kampanye

Selain itu juga, pihaknya sangat membutuhkan keberadaan UKK Imigrasi guna pengawasan orang asing. Karena kebanyakan pihak Imigrasi mengamankan orang asing di KSB daripada di Kabupaten Sumbawa. Sebagai bentuk dukungannya, pemda akan menyiapkan lahan guna pembangunan UKK ini.

“Kalau kita bisa cepat kita bertemu dengan menteri yang membawahi ini, Insya Allah akan siap kita bangun,” Tandasnya.

Baca juga:  NPHD Pemda KSB dan Penyelenggara Pilbud KSB 2020, Diteken

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB, Eddy Setiadi, SE, MM kepada wartawan usai bertemu Bupati mengatakan, selain mengkoordinasikan Pembentukan UKK di KSB, pihaknya juga memberikan penegasan terkait langkah selanjutnya dan apa saja yang harus disiapkan mengenai pembentukan UKK ini. Mengingat, di KSB sendiri banyak objek wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan asing. Pembentukan UKK ini juga melihat antisipasi peta keberadaan orang asing di KSB dan mengantisipasi adanya sejumlah warga negara asing yang melakukan tindak pidana keimigrasian.

“Dengan adanya UKK ini akan mempermudah penyelidikan keimigrasian,” Ungkap Eddy yang didampingi Kepala Bidang Lalintuskim, Filianto Akbar., SE.,MM, Kepala Bidang Inteldakim
R. Hendiandojo Soehendro.,SH dan Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa, Andi Cahyono Bayuadi.

Baca juga:  Puncak Musim Penghujan, Waspadai Pohon Tumbang

Di KSB sendiri sudah ada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) laut di Benete. Dalam hal ini, pihaknya juga melihat kesiapan KSB untuk mendukung pembentukan UKK ini. Seperti penyediaan lahan dan dukungan kesisteman. Semua ini dilakukan untuk memudahkan warga KSB melakukan pengurusan yang berkaitan dengan keimigrasian. Juga untuk mempermudah warga negara asing untuk mengurus administrasi keimigrasian mereka.

“Dengan adanya UKK ini nanti, akan mempermudah pengawasan Kantor Imigrasi Sumbawa. Mengingat, wilayah pengawasannya yang cukup luas. Ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan passportnya.” Pungkasnya.

Setelah pertemuan, dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi lahan rencana pembangunan UKK di Kelurahan Bertong, Kecamatan Taliwang, KSB. (KS/yud)