oleh

Statistik Kasih Sayang

Oleh: Sugeng Supriyanto
Karyawan Badan Pusat Statistik RI

Sugeng Supriyanto
Karyawan Badan Pusat Statistik RI

Kasih sayang, salah satu kebutuhan dasar dari setiap manusia, tanpa kasih sayang manusia tidak akan pernah ada dimuka bumi ini. Kita lahir didunia ini karena adanya kasih sayang, bahkan ketika kita matipun masih akan selalu mendapatkan kasih sayang. Menurut teori Hierarki yang disampaikan oleh seorang Psikologi Abraham Maslow, kebutuhan dasar manusia selain Kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan harga diri, kebutuhan akan aktualisasi diri, juga kebutuhan akan kasih sayang. Sementara itu, dalam surat ar-Rum ayat 21 yang berbunyi: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah, Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”
Dari kedua sumber tersebut menegaskan bahwa perasaan kasih sayang sudah melekat dalam diri kita, tinggal bagaimana kita menerapkannya dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan nyata dalam aktivitas sehari-hari.
Zaman now, pengaruh teknologi dan informasi terhadap kadar kasih sayang sangat signifikan. Kasih sayang sekarang sudah banyak mengalami pergeseran seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Berita televisi yang menyajikan tindak kejahatan, tindakan yang merugikan orang lain dan ujaran-ujaran kebencian dalam dunia maya karena adanya perbedaan pendapat, merasa diri atau kelompoknya yang paling benar. Semuanya mengakibatkan terjadinya perselisihan dan mengurangi kadar kasih sayang. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik, dengan adanya pemilihan kepala daerah (pilkada). Biasanya pengalaman pilkada banyak diwarnai dengan berbagai perselisihan di masyarakat, antara kandidat saling serang argumen untuk memperebutkan kekuasaan. Saling menghalalkan cara untuk meraih kemenangan yang menurunkan kadar kasih sayang.
Terlepas dari fenomena kasih sayang tersebut, bagaimana gambaran kasih sayang dari mata statistik. Kasih sayang salah satu kunci kebahagiaan. Sebaliknya, kebahagiaan menggambarkan kadar kasih sayang. Secara statistik yang dimaksud kebahagiaan adalah fenomena kehidupan yang kompleks dan berbagai determinannya saling berkorelasi, yang mencakup tiga dimensi kehidupan, yaitu kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2017, rata-rata tingkat kebahagiaan penduduk Nusa Tenggara Barat 70,64, Ini berarti kondisi kehidupan penduduk Nusa Tenggara Barat dapat dikatakan cukup bahagia pada tahun 2017. Dibandingkan dengan angka nasional 69,51, penduduk NTB masih lebih bahagia. Demikian pula jika dibandingkan tahun 2014 yang hanya sebesar 69,28, berarti dalam 3 tahun terakhir penduduk NTB makin bahagia secara statistik.
Inisiasi Menyusui Dini (IMD), salah satu wujud kasih sayang ibu terhadap bayinya. World Health Organizations (WHO) merekomendasikan proses inisiasi menyusui dini dijalankan selama 1 jam pertama kehidupan awal bayi. Proses tersebut dilaksanakan dengan cara menempatkan bayi di dada ibunya segera setelah sang bayi dilahirkan. Di Kabupaten Sumbawa, 98 % IMD dilakukan hanya sebentar kurang dari 1 jam, jadi hanya 2 % IMD dilakukan sesuai dengan rekomendasi WHO. Kenapa tidak sesuai dengan WHO? perlu penelitian lebih lanjut.
Kasih sayang orang tua akan lebih lengkap jika kedua orang tuanya berada di rumah, sehingga selalu bertemu dengan anaknya untuk bermain, belajar, dan aktivitas sehari-hari . Kalau salah satu orang tua tidak tinggal di rumah atau single parent, maka curahan kasih sayang terhadap anak kurang sempurna. Di Kabupaten Sumbawa, 5 % pria ditinggal istrinya untuk bekerja seperti jadi TKW, sementara 4 % wanita ditinggal suaminya untuk bekerja seperti jadi TKI.
Perceraian yang terjadi pada orang tua lebih memperburuk harapan anak memperoleh kasih sayang. Kasus perceraian di Kabupaten Sumbawa relatif banyak. Pria yang melakukan perceraian dan menjadi duda sebanyak 1,4 %, sedangkan wanita menjadi janda sebanyak 3,2 %.
Pemanfaatan internet sebagai media informasi, bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Interaksi orang tua dan anak sangat sedikit ketika mereka lebih mengutamakan handphone. Mereka asyik menggunakan handphone tanpa mempedulikan perlunya kasih sayang diantara mereka. Handphone sebagai alat bantu komunikasi sudah banyak dimiliki oleh keluarga di Kabupaten Sumbawa, akan datang bisa menjadi kebutuhan pokok selain pangan dengan mengurangi pola makan untuk membeli pulsa. Ada sebanyak 22 % dari penduduk usia 5 tahun keatas yang mengakses internet, dan 74 % diantaranya bertujuan mendapatkan informasi mengenai sosial media.
Untuk mengukur kasih sayang yang sebenarnya masih sulit dilakukan, namun dari beberapa kejadian diatas sedikit banyak secara tidak langsung memberikan gambaran kasih sayang yang lebih terukur. Perlukah ada penelitian lebih lanjut mengenai kasih sayang?

iklan bkbpp

News Feed