Angka Kemiskinan Sumbawa Tahun 2017 Turun 0,8 Persen

Date:

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Ir. I G. Lanang Putra
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa –  Ir. I G. Lanang Putra

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di kabupaten sumbawa pada tahun 2017 mencapai 68,69 ribu jiwa. Angka ini turun 2.97 ribu jiwa atau 0,8 % dari tahun sebelumnya 2016 sebesar 71,66 ribu jiwa tapi penurunan tersebut masih jauh dengan target penurunan pemerintah daerah sebesar 2%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Ir. I G. Lanang Putra, ditemui kabar sumbawa Selasa (6/2/2018) di ruang kerjanya mengatakan, dalam perhitungan yang dilakukan BPS pada tahun 2016 angka kemiskinan sebesar 16, 12% atau sebanyak 71,66 ribu jiwa kemudian di tahun 2017 angka kemiskinan sebesar 15,31% atau sebanyak 68,69 ribu jiwa penduduk miskin di sumbawa, jika ditotal dalam jangka waktu satu tahun hanya terjadi penurunan Angka kemiskinan berkisaran 0,8 %, Jauh berbanding dengan target penurunan pemerintah daerah sebesar 2%, jelasnya.

Baca juga:  SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

“Memang dalam mencapai keberhasilan penurunan hingga 2 % itu upaya yang dilakukan harus luar biasa, mungkin itu bisa dicapai manakala tingkat kemiskinan dibawah 10 %, Maka dari itu Semua Elemen harus bersinergi dan bekerja sama”, Ujarnya

Oleh sebab itu dibutuhkan peran serta akademisi, masyarakat dan mahasiswa dalam mengkontrol kebijakan pemerintah dalam memberantas kemiskinan serta mencari alternatif dalam upaya mengurangi kemiskinan dikabupaten sumbawa.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Dapat Alokasi DBHCHT 2024 Rp 17,6 Miliar

Dia menuturkan, Perhitungan standar BPS yang digunakan untuk menentukan penduduk tersebut tergolong miskin atau tidak adalah dengan cara menghitung jumlah kalori perorang. Setiap orang harus memenuhi 2100 kalori kemudian dinilai Uangkan dan ditentukan apakah berada pada garis kemiskinan, Jika dibawah standar Kalori maka tergolong miskin dan jika melibihi maka tidak termasuk berada digaris kemiskinan.

“Jika dihitung perkapitanya pendapatan rata-rata disumbawa tahun 2017 sebesar Rp. 300.643 perbulan jika dibanding 2016 sebesar Rp. 200.098 perbulan dikarenakan banyak faktor Inflasi dan lain lain”, Jelasnya. (KS/AJI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi...

SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa berhasil masuk sebagai...

Sumbawa Jadi Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas...

Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...