Emil Fiqrah Ranggabarani Terpilih sebagai Ketua FAS

Date:

Amir Zaman Fiqra Ranggabarani putra Nurdin Ranggabarani
Amir Zaman Fiqra Ranggabarani putra Nurdin Ranggabarani

kabarsumbawa.com – Sorot matanya teduh sesekali mengulas senyum ramahnya, dialah Amir Zaman Fiqra Ranggabarani putra Nurdin Ranggabarani. Ia terpilih sebagai ketua Forum Anak Samawa ( *FAS* ) yang baru dalam pemilihan demokratis di sekretariat Forum Anak Samawa, Sabtu (27/1) jalan Setia Budi Sumbawa Besar yang juga dihadiri Dewan Pembina FAS.

Siswa kelas X SMA 2 Sumbawa ini tampil meyakinkan dalam penyampaian Visi Misi selama periode dua tahun ke depan. Siswa yang gemar menggambar ini ingin memajukan Forum Anak Samawa dengan visi Forum Anak Samawa adalah garda terdepan menuju Anak Samawa yang Hebat Bermartabat dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu menurut Emil kepemimpinannya akan menjadikan FAS sebagai wadah anak-anak Samawa menyalurkan aspirasi,inspirasi dan ide-ide sehingga bisa unggul dalam mutu dan prestasi dalam pemenuhan hak anak.

Selain itu kata Emil periodenya akan mempertahankan hak hak anak sesuai konvensi Hak Anak (KHA) yaitu kelangsungan hidup, perlindungan, tumbuh kembang dan partisipasi. “karena hal ini selaras pula dengan UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak,”tegas Emil.

Dalam pemilihan yang demoratis santun dan saling menghargai itu Emil juga memaparkan misinya untuk menguatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan semua kalangan dalam pengembangan pendidikan, bakat anak serta potensi anak termasuk anak-anak yang tinggal di pelosok pedalaman.
“Kita ingin mendorong agar pemerintah atau siapapun yang berwenang dalam penanganan anak harus memperhatikan potensi teman teman yang tinggal di remote area atau pedalaman,kita ingin pemerintah memperhatikan kekurangan fasilitas belajar mereka sehingga mereka dapat belajar dengan layak dan wajar,” papar Emir

Emil yang juga gemar badminton ini ingin mengangkat dan melestarikan tradisi lokal khususnya permainan khas Anak Samawa yang sudah mulai memudar tergantikan tekhnologi canggih atau gadget.

Padahal menurut Emil, produk tekhnologi gadget tidak lebih baik dari permainan anak “ saya lihat permainan anak lebih sehat karena memadukan gerakan fisik dan otak sedangkan gadget bisa dikatakan tidak ada gerakan hanya diam ditempat dan memainkan alat alat, tombol belum lagi bahaya radiasi layar screen dan signal wifi,” kata Emil “

Selanjutnya Emil berjanji akan mengembangkan permainan anak Samawa baik skala kecamatan atau nanti kita pertandingkan di tingkat Kabupaten.

Emil yang akan bertugas dalam dua tahun ke depan 2018/2020 ini akan berduet pucuk pimpinan dengan wakilnya Fadly Duransyah siswa kelas 9 SMPN 1 Sumbawa.

Sementara itu ketua Demisioner Salsabila Mistaan (Salsa) dan wakilnya Yosa Amartya Rahmat (Yosa) berharap pada periode Emil ini , FAS lebih baik dan semakin banyak prestasi anak Samawa.

Sementara itu Forum Anak Samawa yang sudah terbentuk tingkat kecamatan saat ini Forum Anak Kecamatan Lape, Forum Anak Kecamatan Lopok, Forum Anak Kecamatan Tarano baru Tarano yang sudah dilantik dan diresmikan oleh camatnya.

Terpilihnya Emil jadi Ketua FAS Sumbawa tidak lepas dari peran dan motivasi sang kakak mendiang Ocha Matwah Gilang Rosadha Ranggabarani yang berpulang ke Rahmatullah tujuh hari berselang “kakak Ocha yang jadi teman diskusi merumuskan visi misi yang saya sampaikan” ungkap Emil lirih dan mata meremang sembari mengatakan mendiang ocha berpesan agar saya tidak buat malu kakak Ocha kenangnya.

Terakhir Emil mengatakan ingin mendedikasikan masa baktinya ini untuk kebahagiaan dan kemulyaan kakak Ocha karena ia juga adalah aktifis di organisasi ini selama hidupnya. “saya sangat terinspirasi dari keaktifan mendiang kakak Ocha,” pungkasnya . (kz/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...