oleh

Mahasiswa KKN Kelompok PKM Badas Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

pemeriksaan gratisSumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kelompok PKM Labuan Badas, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pltekses Mataram, Sabtu, (20/01/2017) menggelar pemeriksaan gratis dan konseling kesehatan  untuk dewasa dan Lansua. Sedikitnya 50 orang mengikuti kegiatan yang digelar mahasiswa KKN Poltekes Mataram di Masjid Nurul Iman, Dusun Batu Nisung, Karang Dima, Kecamatan Labuan Badas, Sumbawa.

Ketua kelompok KKN Poltekes Mataram, melalui Sekretarisnya  Nia Ochtavia, menjeskan bahawa kegiatan tersebut merupakan salah satu dukungan terhadap salah satu program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pada kegiatan tersebut lanjutnya, dibagi kedalam empat stand, yang pertama resgistrasi, yang kedua pemeriksaan tensi, yang ketiga pemeriksaan Lab, dan yang keempat adalah konseling.

Baca juga:  175 Orang Warga Sumbawa Masih Positif Covid-19

“dipemeriksaan lab, kami memeriksa gula darah, HB, dan kadar asam uratnya. Setelah itu mereka masuk kepemeriksaan lab habis keluarhasilnya masyarakat diarahkan ke stand konseling. Disitu mereka bisa melakukan konseling kesehatan”, jelasnya gadis berparas cantik ini.

Untuk konseling lanjutnya, dibagi menjadi dua yakni konseling Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Konseling Gizi. “disitu kami menggunakan terapi makanan bukan terapi medis. Kami menekankan kepada masyarkat agar jangan terlalu bergantung pada obat (obat kimia)” jelasnya sambil tersenyum.

Mengenai kegiatan tersebut, Camat Labuan Badas, Hizbullah, S.Sos., sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para mahasiswa Poltekes Mataram yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Labuan badas. Ia berharap agar mahasiswa dan masyarakat Labuan Badas Bisa bersinergi dengan baik. (KS/aly)

ksbksb ksbksb