oleh

Kawal Penggunaan ADD, Inspektorat Bentuk Tim Sindak

hasan basri
Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa Drs H Hasan Basri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com- Upaya meminimalisir terjadinya penyelewengan keuangan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), Inspektorat Kabupaten Sumbawa akan membentuk tim inspeksi mendadak (Sindak).

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa Drs H Hasan Basri, kepada Kabar Sumbawa mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap ADD ini dilakukan guna mengevaluasi sistem pengunaannya.
“sebanyak 157 Desa dikabupaten sumbawa akan dievaluasi terkait dengan penggunaan dana desa tersebut, apakah program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tidak”, Ujar H Bas sapaan akrab inspektur inspetorat.

Dijelaskan H Bas terkait pemeriksaan terhadap ADD, pihaknya sudah membentuk 8 tim yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap alokasi dana desa baik yang bersifat pengaduan masyarakat maupun tidak.

Baca juga:  Wabup Lakukan Sidak, ASN dan Honorer “Malas” Akan Di Pecat

“Kita dalam hal ini ingin melihat secara langsung apakah yang dikerjakan oleh desa sudah sesuai dengan perencanaan, agar dana desa tersebut sesuai dengan penggunaannya atau benar diperuntukan untuk masyarakat” jelasnya.

“Kami akan memeriksa apakah pengalokasian dana desa Sesuai dengan RAB pada setiap program, dan mengamati kualitas program sehingga apa yang dikerjakan oleh desa memiliki nilai kontinuitas serta manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat lebih besar” imbuhnya

Dia juga menegaskan jika dijumpai ada salah satu desa yang penggunaan ADD-nya yang menyimpang, maka pemerintah Desa tersebut wajib mengembalikan anggaran yang dialokasi untuk program tersebut, bukan hanya itu pemerintah Desa tersebut juga dikenakan sanksi yang lebih berat yakni tindak pidana. tandasnya (KS/AJ)

ksbksb ksbksb