oleh

P2KBP3A Gelar Pelayanan KB Gratis Di Karang Cemes

Pelaksanaan pelayanan KB Gratis
Pelaksanaan pelayanan KB Gratis Metode
Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) gratis.

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga
Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Rabu
(17/01/17) di masjid Karang Cemes di Lingkungan Surya Bhakti Karang Pekat Kecamatan Sumbawa, melaksanakan pelayanan KB Gratis Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) gratis.

Pelayanan KB gratis tersebut diikuti oleh 44 orang akseptor KB. 18 orang menggunakan akseptor KB IUD yang dilayani di Puskesmas Seketeng dan di Mobil Muyan (mobil khusus untuk pelayanan KB) yang telah disediakan panitia, dan 27 orang akseptor KB langsung dilayani di dalam masjid oleh tenaga medis dan bidan  yang dibantu oleh mahasiswa KKN dari Poltekes Mataram. Keberadaan 30 orang mahasiswa KKN dari
Poltekes Mataram tersebut diharapkan dapat memberikan informasi-informasi positif bagi masyarakat di Lingkungan Surya Bhakti.

Baca juga:  Derajat Kesehatan di Sumbawa Terus Meningkat

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hut Kabupaten Sumbawa yang ke-59. Hadir di acara tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Pimpinan OPD, Camat Sumbawa, Para Lurah.

Wakil Bupati Muhmud Adbullah, dalam sambutannya berharap dengan adanya
kegiatan tersebut, masyarakat dapat langsung terlayani dengan baik. Kegiatan tersebut lanjut Wabub, dimaksudkan untuk dapat memberikan layanan KB secara mudah kepada masyarakat dengan tidak dipungut biaya (gratis). “terimaksih kepada seluruh pihak yang telibat pada kegiatan ini. Dilaksanakan langsung di Lingkungan Karang Cemes  yang merupakan Kampung KB ini, diharapkan agar masyarakat dapat langsung terlayani dengan baik, dan ketertinggalan yang selama ini menjadi image Kampung KB, dapat diminimalisir sehingga kesejahteraan masyarakat dapat
meningkat”, ujar Wabub.

Baca juga:  Pemda Keluarkan Surat Edaran Perang Melawan Narkoba

Dalam sambutannya juga, wabub menyampaikan kepada Dinas Sosial sebagai instansi terkait agar dapat mengaitkan kegiatan tersebut dengan hasil
SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) data jumlah warga miskin yang ada di Lingkungan Surya Bhakti Karang Pekat. Kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) agar dapat membenahi Kampung Cemes sehingga dapat tertata dengan baik.

“harapan saya kedepan, semua dinas terkait dapat saling bersinergi untuk kemajuan Karang Cemes, sehingga Lingkungan Surya Bhakti sebagai kampung KB dapat memperoleh prestasi seperti penghargaan yang telah diterima oleh Kampung KB Dusun Batu Nisung beberapa waktu yang lalu”, harap Wabub. (KS/aly)