oleh

DPMPD Upayakan Semua Desa Di Sumbawa Memiliki BUMDes

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com- Dari 157 desa yang ada dikabupaten sumbawa sebanyak 147 desa yang sudah memiliki BUMDes dan tertinggal 10 desa yang sedang diupayakan keberadaanya.

 

“kami akan memfasilitasi pembentukan BUMDes walaupun secara normatif itu tidak wajib namun kami tetap menganggap bahwa ini penting karena untuk pengembangan ekonomi perdesaan ujar Kepala BPMPD kabupaten sumbawa Dr. Iksan Safitri saat ditemui Kabar Sumbawa di ruang kerjanya selasa (16/1/18).

 

Dia mengungkapkan, 10 desa yang belum terbentuk BUMDesnya dalam waktu dekat akan dibentuk, dia mengakui bahwa 147 BUMdes yang ada dikabupaten sumbawa cukup bagus dari usaha yang dibangun dan itu sesuai dengan karakter desa bersangkutan.

Baca juga:  Ini Amanat Terbaru Bupati Kepada Agen PDPGR

Kedepan ungkapnya, akan dilakukan kerjasama dengan dinas pertanian sumbawa terkait dengan distribusi pupuk dalam hal ini untuk mengoptimalkan keberadaan BUMDes.

“Sejauh ini secara umum usaha yang dikelola pada BUMDes disumbawa Yaitu Masih bersifat simpan pinjam, dan ada beberapa desa yang sudah beralih pada ekonomi kreatif atau industri kreatif” paparnya.

Lanjutnya, dalam hal pengembangan usaha, akan diupayakan terbentuk BUMdes bersama dikarenakan posisi tawar yang cukup bagus dan juga membangun kerjasama antar desa terjalin, dia mencontohkan BUMDes bersama baru terlaksana di beberapa desa di kecamatan utan yaitu Jasa prima yang mencangkup usaha Padi, jagung dan Srikaya sesuai dengan perspektif kawasan. (KS/AJI)

Komentar