oleh

Target Retribusi Pasar 2018 Ditambah, 2017 Terlampaui

Arief Alamsyah, Kabid Pasar di Badan Pendapatan Daerah (Bappenda), Kabupaten Sumbawa
Arief Alamsyah, Kabid Pasar di Badan Pendapatan Daerah (Bappenda), Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Penerimaan dari sektor retribusi pasar 2017 terlampaui sekitar 4 persen dari yang ditetapkan. Atau sekitar Rp 2.6 Milliar dari target sebesar Rp 2.5 Milliar, pada penetapan APBD-P. sebelumnya pada APBD murni ditetapkan retribusi pasar mencapai Rp 3.075 Milliar.

“Awalnya Rp 3 milliar 75 juta. Kemudian dirubah pada APBD-P menjadi Rp 2.5 milliar, dan tercapai Rp 2.6 milliar,” kata Arif Alimsyah, Kepala Bidang Pasar, Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya Kamis (11/01).

Diungkapkan, perubahan target pada pembahasan APBD Perubahan sebesar Rp 500 juta, mempertimbangkan adanya rehab dan pembongkaran beberapa pasar di Kabupaten Sumbawa, termasuk renovasi Pasar Brang Bara. “Meskipun masih dengan target awal itu, hitung-hitungannya dapat mencapa sekitar 85 persen,” jelasnya.

Baca juga:  Puluhan Desa Alami Krisis Air Bersih

Dijelaskan, capaian tersebut disebabkan adanya beberapa perubahan yang dilakukan, baik dalam penataan manajemen penerimaan, peningkatan kualitas SDM dan perbaikan fasilitas. Sehingga, penerimaan dapat lebih terukur dan tertata, serta dengan perbaikan fasilitas dapat meningkatkan kesadaran pedagang untuk membayar retribusi.

“Kita juga berlakukan reward and punnis dalam pengelolaan retribusi ini,” tegasnya, juga menambahkan, bila dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya penerimaan retribusi pasar mengalami peningkatan. Dimana sebelumnya penerimaan berkisar antara 63 hingga 69 persen.

Dijelaskan, dengan mulai beroperasinay Pasar Brang Bara, dan optimalnya pemanfaatan Pasar Langam tahun ini, target penerimaan dari sektor retribusi pasar dinaikkan menjadi Rp 3 Milliar 75 juta. “Dengan target 2018 ini, kami juga optimis akan mencapai,” katanya. (ks/adm)